BAKSOS UNY AJAK WARGA SENAM BERSAMA

rektor bagi sembako

Warga  dusun Ngrangsan, Soman, dan Somasari, Selomartani, Kalasan, Sleman pagi itu tampak semarak. Sekitar 400 warga dari anak kecil, remaja, sampai kakek nenek tampak semangat mengikuti senam bersama. Ya, pagi itu Minggu, 27 April 2014 di dusun Ngrangsan memang sedang ada acara bakti sosial (baksos) dalam rangka Dies Natalis UNY ke-50.  Hadir pada kesempatan tersebut Rektor, Ketua LPPM UNY, Dekan FMIPA, Kepala Bank BNI Yogyakarta, Camat Kalasan, Lurah Selomartani, para kaprodi FMIPA, dll.

Pada dies kali ini UNY serentak menggelar acara baksos di lima kabupaten dan kota di DIY. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) serta FMIPA mendapat bagian baksos di Kabupaten Sleman.

Selain senam bersama, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan. Warga dusun tersebut terutama yang lanjut usia tampak antusias memeriksakan kesehatannya dan berkonsultasi dengan dokter yang bertugas.

UNY bekerjasama dengan Bank BNI menyerahkan secara simbolis ratusan tanaman manggis dll kepada warga diteruskan dengan penanaman pohon oleh Rektor,  Kepala  Bank BNI Yogyakarta, Camat Kalasan, Dekan FMIPA, Kepala LPPM, dan Kabiro UPK.

Setelah penanaman pohon acara dilanjutkan dengan pembagian sembako dan doorprize kepada warga. Doorprize antara lain kambing, televisi 21”, dispenser, kipas angina, ayam, menthok, dll. Pada kesempatan tersebut UNY juga membagikan tas sekolah dan pakaian pantas pakai kepada warga.

Kepala LPPM UNY, Prof. Dr. Anik Gufron dalam sambutannya mengatakan, kegiatan baksos ini dikemas tidak sekedar memberikan sembako tapi juga ada penanaman pohon dengan harapan pohon tersebut bermanfaat bagi warga sekitar. Selain untuk penghijauan semoga pohon tersebut bisa sebagai modal bagi generasi berikutnya.

Bakti sosial ini juga sebagai ajang untuk lebih mendekatkan UNY kepada masyarakat. Dengan kegiatan ini semakin menumbuhkan kepedulian kita terhadap kesejahteraan warga.

Camat Kalasan, Samsul Bahri, SIP mengatakan, dengan adanya aset UNY yang ada di dusun Soman yaitu makam dan masjid. Dengan adanya aset yang ada di dusun tersebut maka UNY juga menjadi warga di dusun tersebut. Dan hubungan tersebut perlu dilakukan berkesinambungan.

“Kami juga mohon bimbingan dari UNY, misalnya dengan menempatkan mahasiswa KKN di wilayah Kalasan. Selain itu, semoga wilayah kalasan menjadi desa binaan UNY sehingga pendidikan warga menjadi lebih maju dan secara secara bertahab bisa menjadi labnya UNY,” lanjutnya.

Sementara itu Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., menyampaikan bahwa untuk membantu pendidikan di wilayah ini UNY menyerahkan bantuan paket peralatan untuk pembelajaran PAUD berupa alat peraga dan permainan yang menarik bagi anak-anak.

“Kami juga berpesan kepada Bapak Camat dan Bu Lurah jika di wilayah ini ada anak yang berprestasi tapi dari keluarga kurang mampu bisa didata untuk diikutkan seleksi bidikmisi,” lanjut Rektor. (witono)

Tags: