INKUBATOR BISNIS SEBAGAI UJUNG TOMBAK KOMERSISALISASI RISET

retno sumekar

Kamis, 14 Oktober 2021 Pusat Inovasi, Inkubator Bisnis dan HKI LPPM mengadakan Workshop Komersialisasi Hasil-hasil Penelitian yang diadakan di Ruang Arung Samudra Hotel Porta Jl. Colombo Yogyakarta. Workshop dibuka pada Jam 09.00 oleh Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T.  Pada acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III UNY, Prof. Dr. Lantip Diat Prasodjo, S.T., M.Pd., sekretaris LPPM Prof. Dr. Siti Irene Astuti D, M.Si., Ketua Pusat Inovasi, Inkubator Bisnis dan HKI LPPM Prof. Dr. Nahiyah Jaidi Faraz, M.Pd. dan peserta workshop dengan nara sumber oleh Ir. Retno Sumekar, M.Si.
Workshop dimoderatori oleh Dinar Ari Prasetyo, MBA. Dalam sambutannya ketua Pusat Inovasi, Inkubator Bisnis dan HKI melaporkan bahwa ada 6 tenant yang potensial untuk dikembangkan dan sudah dipertemukan dengan narasumber Retno Sumekar untuk kerjasama lebih lanjut.
Retno Sumekar memaparkan materi Mewujudkan Ide Cemerlang Menjadi Pebisnis dan penjelasan mengenai produk hasil riset yang bisa dikomersialisasikan di industri.
Dihari dan tempat yang sama Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T.,  juga membuka Workshop Interkoneksi Sains Techno Park (STP) dan Inkubator Bisnis Sebagai Ujung Tombak Komersialisasi Riset. Pada kesempatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Edi Purwanto, M.Pd. dan peserta 35 orang, dengan pemateri Ir. Retno Sumekar, M.Si. yang menyampaikan materi terkait “Invensi to Inovasi”. Diskusi mengenai Science Techno Park UNY yang berlokasi di Sitimulyo Piyungan Bantul untuk dikembangan  agar lebih berdaya guna. Dengan kolaborasi dari unit-unit terkait dan Pusat Unggulan Iptek PUI) diharapkan dapat mengembangan Science Techno Park yang sudah dirintis dan dibangun oleh Unviversitas Negeri Yogyakarta. Pusat Inovasi, inkubator Bisnis dan HKI LPPM UNY sebagai ujung tombak dalam komersialisasi riset di UNY. (h)
 

Tags: