MAHASISWA KKN UNY GELAR "BRAIN GYM"

Brain Gym

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN ) UNY dari desa Sumbermulyo yang terdiri  dari tim 111 dan 112 mengadakan Workshop dan Brain Gym untuk pendidik di Kecamatan Bambanglipuro. Acara dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 31 Agustus 2014 di balai desa Sumbermulyo. Kegiatan ini bertujuan melatih pendidik khususnya di Pendidikan Anak Usia Dini maupun untuk umum agar bisa memaksimalkan pendidikan ke anak.

Brain gym atau senam otak merupakan latihan yang terdiri dari gerakan-gerakan tubuh yang dinamis. Senam ini bisa mendorong keseimbangak otak kiri  dan kanan. Salah satu keuntungan melakukan brain gym ini adalah bisa melatih konsentrasi. Kegiatan ini sangat baik dilaksanakan oleh anak sebelum belajar agar lebih konsentrasi saat belajar.

Acara yang berlangsung dari pukul 10.00 sampai 12.00 siang ini dipandu oleh kak Benyamin Agus Candrawinata atau sering dipanggil kak Beni. Beliau merupakan salah satu penggiat Brain gym yang aktif di UNICEF. Kegiatan brain gym ini dihadiri oleh sekitar 60 orang dari pendidik PAUD, maupun dari masyarakat umum di Kecamatan Bambanglipuro.

“Diawal kegiatan peserta dikenalkan tentang gerak dan lagu, selanjutnya di sambung dengan brain gym yang dipadukan dalam senam nusantara dan tari nusantara,” ungkap Nurdini Fahmi yang merupakan salah satu panitia kegiatan. 

Selain kegiatan senam otak, juga ada workshop pembuatan media kreatif untuk diajarkan pada anak. Peserta diajarkan membuat boneka tangan menggunakan kertas.  Menurut Kak Beni kreatifitas pendidik memang harus ditingkatkan agar anak pun tidak jenuh hanya dengan materi-materi yang biasa. Kegiatan yang juga dihadiri oleh DPL dari tim 111 dan 112, Ahmad Rithaudin,S.Pd.Jas. M.Or ini cukup menarik minat peserta. Menurut Rithaudin kegiatan ini menjadi salah satu program kerja unggulan dari KKN desa Sumbermulyo. (meg)

Tags: