Manuscript Coaching Clinic Batch1 : Mendorong Publikasi UNY di Jurnal Internasional

MCC

Dalam upaya meningkatkan publikasi sivitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah (PPBI) LPPM UNY menyusun program fasilitasi dalam menyusun artikel ilmiah bertaraf internasional. Fasilitasi pendampingan penulisan artikel pada jurnal Internasional bereputasi terbagi menjadi 3 kegiatan yaitu

  1. Lokakarya pelatihan teknik publikasi, untuk peserta yang telah memiliki manuscript minimal 50% siap submit.
  2. Pendampingan individu (Individual Coaching Clinic), untuk peserta dengan manuscript minimal 70% siap submit
  3. Pendampingan berkelompok (Manuscript Coaching Clinic Camp) untuk peserta dengan manuscript minimal 90% siap submit).

Tujuan kegiatan MCC Camp ini adalah untuk meningkatkan jumlah artikel terindeks Scopus dan meningkatkan budaya menulis Dosen UNY. Kegiatan MCC Camp batch 1 ini dilaksanakan secara offline dengan tetap memperhatikan protokol preventif Covid19. Untuk memberikan kenyamanan terhadap penulis artikel dalam menuntaskan submit artikel, pelaksanaan MCC Camp Batch 1 bertempat di Innside by Melia Hotel Yogyakarta, yang berlangsung dari tanggal 29 Juni 2020 sampai dengan tanggal 02 Juli 2020. MCC Camp batch 1 diikuti secara aktif oleh 15 penulis dan 8 reviewer selama 4 hari.

Dalam pembukaannya, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY, Prof. Dr. Suyanta, M.Si. menyambut baik Manuscript Coaching Clinic (MCC) Camp Batch 1, sebagai langkah dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel bertaraf internasional bagi penulis UNY.

Pada akhir pendampingan diharapkan sebanyak lima belas artkel bisa dikirim atau submit ke jurnal internasional terindek scopus yang dituju. “Ucapan terima kasih kepada Ketua PPBI Dr. Endah Retnowati dan Sekretaris PPBI Prof. Dr. Sri Handayani, yang telah merancang dan melaksanakan Manuscript Coaching Clinic (MCC) Camp Batch 1 ini dengan baik. Semoga berjalan dengan lancar. Jaga kesehatan. Patuhi protokol kesehatan dengan pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer”, pungkas Prof. Dr. Suyanta, M.Si. (han/hty)

Tags: