MANUSCRIPT COACHING CLINIC CAMP BATCH 2

mcc camp

Tujuan kegiatan Manuscript Coaching Clinic Camp (MCC Camp) ini adalah untuk meningkatkan jumlah artikel terindeks Scopus dan meningkatkan budaya menulis Dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). PPBI telah sukses menyelenggarakan Kegiatan MCC Camp batch 1 yang berlangsung dari tanggal 29 Juni 2020 sampai dengan tanggal 02 Juli 2020 di Innside by Melia Hotel Yogyakarta. MCC Camp Batch 1 diikuti secara aktif oleh 15 penulis yang didampingi 8 reviewer. Karena kegiatan tersebut telah sukses mengantarkan para peserta untuk submit di jurnal internasional bereputasi maka segera diikuti dengan MCC Camp batch 2. MCC Camp batch 2 diselenggarakan pada tanggal 20-23 Juli 2020 di tempat yang sama. Kegiatan ini diikuti oleh 16 penulis dan 10 reviewer, demikian laporan Ketua Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah LPPM UNY (PPBI LPPM UNY) Endah Retnowati, Ph.D.

“MMC Camp ini adalah tahap akhir dari proses individual coaching clinic yang dilakukan melalui daring, sehingga artikel yang difinalisasi di MCC Camp sudah melalui proses yang berkelanjutan” lanjut Endah.

Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes, AIFO. dalam sambutannya menegaskan bahwa, kegiatan MCC Camp merupakan kegiatan yang sangat berguna, karena menjadi sub terminal dari proses publikasi, diharapkan MCC Camp dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi di UNY. “ Oleh karena itu, MCC Camp akan dilakukan kontinyu sesuai kebutuhan. Terima kasih, kepada reviewer, yang telah bersedia membantu peserta, bahkan ada yang satu reviewer bersedia mendampingi lebih dari satu peserta. Kalau satu dosen dapat menyelesaiakn sekali publikasi yang terindeks SCOPUS atau WoS tiap tahunnya, sudah berkontribusi positif. Kunci dalam menyelesaikan artikel adalah fokus dan komitmen”, tandas Ketua LPPM yang biasa disapa Prof Yoyok.  

“Publikasi merupakan eksistensi, marwah dari perguruan tinggi, publikasi tidak hanya untuk pemeringkatan perguruan tinggi, karena publikasi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari tanggung jawab seorang dosen sesuai tri darma perguruan tinggi, selain mengajar dosen juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang salah satu luarannya adalah publikasi. Apalagi jika dikaitkan dengan point dari dosen, bahwa untuk mencapai gelar tertinggi akademik diperlukan publiaksi yang terindeks SCOPUS dan WoS. Ada sekitar 1170 dosen di UNY, saya berharap dosen yang sudah aktif melakukan publikasi dapat menjadi virus yang positif dalam menularkan publikasi kepada  yang lain”, demikian disampaikan Wakil Rektor UNY Bidang Akademik Prof Dr. Margana, M. Hum.

Margana menambahkan, UNY selalu komit dalam memberikan kemudahan para dosen dalam publikasi, yang dikawal oleh Dr. Didik Nurhadiyanto. Pengawalan terhadap publikasi mahasiswa pasca sarjana perlu dilakukan, kolaborasi publikasi di Fakultas, Pascasarjana dan PPBI amat penting dalam mengoptimalkan publikasi di UNY. Menulis artikel itu kalau sudah biasa tidak sulit, sehingga kita berupaya membiasakan untuk menulis artikel. Research Group sebagai skim riset yang digagas UNY, bisa meningkatkan publikasi. Ke depan kita juga akan mendorong penelitian kerjasama luar negeri. Walaupun sudah ada kebijakan penelitian, satu prodi satu peneliitian kerjasama luar negeri.

Terkait dengan kebijakan penelitian Margana menegaskan, “Untuk mempercepat proses penelitian, maka seleksi proposal bisa dilakukan pada tahn sebelum tahun penelitian berjalan; misal untuk penelitian di Tahun 2021, maka seleksi proposal bisa dilakukan di Tahun 2020, sehingga diaharapkan peneltiian sudah dapat dikerjakan di awal Tahun 2020”.

MCC Camp Batch 2, sudah berlangsung selama empat hari, dari tanggal 20 Juli 2020 dan beakhir pada hari ini, 23 Juli 2020. Peserta MCC Camp ini merupakan penulis pilihan setelah melalui tahapan konsultasi secara individual, sebenarnya masih banyak penulis yang berminat mengikuti MCC Camp.
“Berkat kesabaran dari reviewer telah menjadi teladan dan motivasi bagi peserta, sehingga selama empat hari peserta mempunyai semangat yang tinggi dalam upaya mencapai target, artikel yang submit di jurnal internasional. Terbukti dari 16 peserta yang mengikui MCC Camp Batch 2 saat ini, 13 peserta sudah melakukan submit, 3 peserta lagi, saya berharap nggak lama lagi sudah submit, tentunya komunikasi yang baik dengan reviewer masing-masing perlu dilakukan agar artikel bisa publish di jurnal internasional”, begitu dikatakan Sekretaris LPPM UNY Prof. Dr. Siti Irene Astuti D., M.Kes. (har/ags)

 

Tags: