PELEPASAN MAHASISWA KKN SEMESETER GENAP 2019 DI PATUK GUNUNGKIDUL DAN BANJARNEGARA JAWA TENGAH

pelepasan kkn semester genap 2019

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta melepas mahasiswa KKN Semester Genap tahun 2019 pada Jumat, 22 Februari 2019 di R. Sidang Utama Lt.2 LPPM UNY. KKN Semeseter Genap tahun ini diikuti sebanyak 111 mahasiswa yang terdiri dari 75 mahasiswa reguler yang di tempatkan di wilayah Patuk, Gunungkidul menjadi 11 kelompok dengan 2 DPL dan 36 mahasiswa Program Kelanjutan Studi (PKS) yang di tempatkan di wilayah Banjarnegara Jawa Tengah menjadi 3 kelompok dengan 1 DPL.

Ketua Pusat Layanan KKN dan PWT LPPM UNY, Triatmanto, M.Si., mengatakan KKN UNY tahun 2019 mengalami perubahan waktu pelaksanaannya menyesuaikan dengan waktu pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang bertepatan dengan waktu pelaksanaan KKN Semester Khusus bulan Juli-Agustus. Nantinya mahasiswa prodi kependidikan yang mengikuti PLP pada Semester Khusus (Juli-Agustus) akan mengikuti KKN pada bulan Oktober-November (Semester Gasal) setelah selesai PLP dan mahsiswa prodi non kependidikan akan dilaksanakan tetap pada bulan Juli-Agustus.

Triatmanto menambahkan, peserta KKN Semester Genap biasanya mahasiswa yang belum mengambil atau tidak lulus mata kuliah KKN tahun sebelumnya. Pada tahun ini LPPM mengakomodasi mahasiswa PKS yang akan berakhir masa studinya untuk diikutkan KKN pada Semester Genap tahun ini agar lulus tepat waktu.

Ketua LPPM UNY Dr. Suyanta, M.Si., memberikan pengarahan kepada mahasiswa peserta KKN sebelum diterjunkan ke lokasi masing-masing agar selalu menjaga nama baik almamater UNY. KKN merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 sebelum melanjutkan ke skripsi. Melalui program KKN harapannya mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperolehnya di kampus agar berguna untuk masyarakat.

Suyanta juga menghimbau kepada mahasiswa peserta KKN agar selalu menjaga nama baik almamater, terlebih menjaga keselamatan diri dan kesehatan selama di lokasi. (ags)