PENELITI WANITA UNY MENGIKUTI VIDEO CONFENRENCE DENGAN DIKTI

Vidcon 2016

Rabu, 16 Maret 2016, bertempat di UPT Puskom UNY diselenggarakan Video Conference (vidcon) dalam rangka Sosialisasi program Fellowships LOreal-UNESCO for Women in Science (FWIS) 2016 oleh Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kemendikbud dan Kemenristek Dikti bekerjasama dengan PT. LOreal Indonesia. Peserta sosialisasi ini meliputi 20 wanita peneliti UNY dengan kreteria wanita yang berumur kurang dari 40 tahun, dan berpendidikan S3 (atau sedang menempuh studi S3) yang dikoordinir oleh Pusat Studi Wanita dan Gender LPPM UNY. Vidcon yang diselengggarakan oleh Dikti ini diikuti sebanyak 25 perguruan tinggi seluruh Indonesia pada waktu bersamaan dari masing-masing perguruan tinggi.

Program yang sudah berjalan sejak 2004 ini merebutkan 4 penelitian terbaik dengan masing-masing anggaran 80 juta rupiah yang terdiri dari 2 orang peneliti di bidang life sciences dan 2 orang di bidang material sciences.

Menurut Ketua Harian KNIU Kemendikbud, Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini membuka selebar-lebarnya kesempatan peneliti wanita untuk berkiprah dalam dunia sains sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Untuk tahun ini program FWIS membuka kesempatan untuk semua bidang keilmuan kecuali bidang keilmuan budaya dan humaniora, tidak menutup kemungkinan untuk tahun-tahun selanjutnya bisa mengakomodir semua semua bidang ilmu. (ags)

Tags: