Peran Universitas Negeri Yogyakarta dalam Seleksi Perangkat Desa di Kabupaten Grobogan

grobogan

Rabu, 24 Maret 2021, Kepala Desa Kabupaten Grobogan berkunjung ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (LPPM UNY) diterima oleh Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. (Ketua LPPM), Prof. Dr. Siti Irene Astuti D., M.Si. ( Sekretaris LPPM) dan Prof Dr. Sudji Munadi ( Kepala Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian LPPM), bertempat di Gedung LPPM UNY Karangmalang Yogyakarta.

 

Rombongan Kepala Desa ada 32 dari Kabupaten Grobogan yang didampingi oleh Camat Gabus, Camat Pulokulon, dan Camat Tanggungharjo . Tujuan ke LPPM UNY untuk melakukan penandatanganan kerja sama dengan LPPM UNY dalam kegaiatan seleksi pengisian perangkat desa. Kegiatan ini merupakan  progam LPPM UNY dengan Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian yang telah berpengalaman dalam seleksi Perangkat Desa atau Pamong Kalurahan.

Sekretaris LPPM UNY Prof. Dr. Siti Irene Astuti D., M.Si. dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada LPPM UNY dalam seleksi pengisian perangkat desa. LPPM dengan slogan “Smart Work and Happiness” memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat, termasuk dengan Kabupaten Grobogan. Semoga seleksi perangkat desa di Kabupaten Grobogan berjalan dengan aman dari proses sampai terpilihnya perangkat desa yang memiliki kapasitas yang baik.

Sambutan pertama dari Camat Gabus  yang disampaikan oleh Gogot Trikoyo, S.Sos. mengingatkan tentang pentingnya untuk menerapkan regulasi pemerintah tentang pelaksanaan seleksi  pengisian perangkat desa harus  bekerjasama dengan perguruan tinggi sebagai pihak ketiga. Terima kasih disampakian kepada LPPM UNY yang telah memberikan fasilitasi dalam pengisian perangkat desa. Para Kepala Desa (Kades) agar aktif dalam memberikan rasa aman dan prosesnya berjalan lancar. Para Kades diharapkan dapat membawa diri dapat menempatkan diri pada posisi masing-masing.

Demikian halnya, sambuta oleh Camat Pulokulon. Sudarmoyo, S.Sos., M.H  yang menyatakan bahwa bahwa LPPM UNY sebagai mitra dari desa dalam seleksi pengisian perangkat desa  berkenan membantu secara maksimal agar proses dapat berjalan dengan lancar. Lebih lanjut lagi, sambutan Djoko Mulyono sebagai pejabat Camat Tanggungharjo menegaskan kembali bahwa seleksi pengisian perangkat desa berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku, maka  Panitia Seleksi Perangkat Desa bekerja sama dengan pihak ketiga, perguruan tinggi negeri atau swasta yang terakreditasi “A”. Oleh karena itu, dengan terjalinnya  kerjasama  dengan LPPM UNY diharapkan ada persepsi yang sama untuk menjaga keamanan dalam proses seleksi terjamin akuntabilitasnya . “Semoga sukses dan aman terkendali”, pungkasnya.

Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes. selaku Ketua LPPM UNY dalam penutupannya memberikan arahan bahwa kolaborasi ,kerjasama saat ini dapat terwujud dari proses pembahasan antara kedua belah pihak. Terima kasih diucapkan kepada Para Kepala Desa, terutama Bapak Camat yang telah berkenan memantau sehingga penandatanganan kerjasama pengisian perangkat desa dapat terlaksana.

 

Tags: