PUSAT BUDAYA LINGKUNGAN DAN MITIGASI LPPM UNY IKUT ANDIL DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KARANGANYAR

BERITA

Kamis, 18 Maret 2021, Pusat Budaya Lingkungan dan Mitigasi (Pusbudlingmit) LPPM UNY mempunyai kegiatan bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas Islam Batik dan Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar dalam Acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pengembangan Desa Wisata Berwawasan Lingkungan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air di Desa Berjo Ngargoyoso Karanganyar”. Acara ini diselenggarakan pada Hari Kamis 18 Maret 2021, bertempat di pendopo rumah dinas Bupati Karanganyar. Sebagai motor penggerak dalam acara ini yaitu Prof Dr Sunarto dari UNY dan Prof Dr. Rahmawati dari UNS. Hadir dari Pusbudlingmit LPPM UNY adalah Ketua Pusbudlingmit, Dr. Tien Aminatun, M.Si. beserta Prof Dr. Edy Supriyadi, M.Ed dari Fakultas Teknik UNY dan Prof. Dr. Sudji Munadi, M.Pd. yang mewakili Ketua LPPM UNY.

Acara ini dibuka oleh Sekda Kabupaten Karanganyar yang sekaligus memberikan sambutannya. Sambutan juga diberikan oleh Dekan FEB UNS, perwakilan dari BPDAS Karanganyar, serta dari UNY sambutan diberikan oleh Prof Dr. Sudji Munadi, M.Pd. yang dalam hal ini mewakili Ketua LPPM UNY yang berhalangan hadir. Selanjutnya dilakukan penyampaian materi FGD oleh dua narasumber, yaitu Prof. Dr. Rahmawati (UNS) dan Prof. Dr. Sunarto (UNY) yang dilanjutkan dengan diskusi untuk menjaring aspirasi dari warga Desa Berjo Ngargoyoso Karanganyar selaku warga yang desanya akan dikembangkan menjadi desa wisata berwawasan lingkungan tersebut. Kepala Desa Berjo Ngargoyoso hadir berserta rombongan warga masyarakat desa yang mewakili.

Selesai FGD dilakukan acara simbolik penyerahan sumbangan 3000 bibit pohon untuk konservasi air di desa Berjo Ngargoyoso. Penyerahan dilakukan oleh perwakilan BPDAS Karanganyar kepada perwakilan Pemerintah Kabupaten Karanganyar (Sekda Karanganyar), perwakilan FEB UNS (Dekan FEB) dan perwakilan LPPM UNY (Prof. Dr. Sudji Munadi, M.Pd.), yang selanjutnya secara simbolik semua bibit pohon itu diserahkan kepada Kepala Desa Berjo Ngargoyoso. Acara kemudian diakhiri dengan doa penutup dan sesi foto bersama seluruh peserta FGD.

Tags: