PUSAT INOVASI, INKUBATOR BISNIS, DAN HKI LPPM UNY SELENGGARAKAN PELATIHAN PENGUKURAN TRL (TECHNOLOGY READINESS LEVEL) DAN IRL (INNOVATION READINESS LEVEL)

berita hki

Sebagai salah satu bagian dari Tridharma perguruan tinggi, setiap dosen wajib melakukan penelitian sebagai bagian dari tugas dosen di sebuah perguruan tinggi. Hal tersebut juga berlaku di UNY yang merupakan Univeristas dengan iklim penelitian yang cukup tinggi. Cukup banyak skema penelitian baik penelitian wajib atau penelitian hibah kompetitif yang diselenggarakan oleh UNY. Namun dalam pelaksanaan kegiatan penelitian tersebut, seringkali hasil penelitian yang memiliki nilai potensi tinggi tidak dikembangkan lebih lanjut untuk dilemparkan ke pasar atau komersialisasi. Kekurangan pengetahuan mengenai perancangan penelitian atau produk penelitian yang memiliki nilai inovasi atau komersialisasi serta cara mengkomersialisasikan hasil penelitian tersebut menjadikan hasil riset hanya berakhir sebagai naskah.

 

Dengan latar belakang tersebut maka Pusat Inovasi Inkubator Bisnis LPPM UNY melaksanakan Pelatihan Pelatihan Pengukuran TRL (Technology Readiness Level) dan IRL (Innovation Readiness Level) pada hasil penelitian untuk dapat menentukan luaran dan mengukur luaran penelitian. Acara ini dilaksanakan dengan harapan dapat meningkatkan wawasan peneliti mengenai cara pengukuran TRL (Technology Readiness Level) dan IRL (Innovation Readiness Level) hasil penelitian sehingga dapat menghasilkan luaran penelitian yang dapat dihilirisasi baik dari komersialisasi atau pemberdayaan pada masyarakat.

 

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari tanggal 3-4 Juni 2022 di Ruang Sidang LPPM UNY Lt. 1 dan dibuka oleh ketua LPPM Bapak Prof. Dr. Samsul HAdi, M.Pd., M.T. Pelatihan diikuti oleh 25 orang peserta dosen maupun tenant binaan Inkubator bisnis LPPM UNY, dengan naras umber Ibu Retno Sumekar, M.Si dan dimoderatori Dr. Fatkhul Arifin, M.T. Selama pelatihan peserta diberikan materi dan praktek tentang pengukuran TRL dan IRL, selain itu juga setiap peserta diminta presentasi produk hasil penelitiannya. Terpilih 3 presentasi terbaik yaitu M. Yudistira perwakilan dari SPD Speedometer, Dr. Fitri Rahmawati, MP dari produk makanan sehat yaitu UNY BAR dan Oby Zamisyak dari Indobot Academy. (Tri.S-Dinar)

Tags: