REFLEKSI PUBLIKASI JURNAL UNY

berita jurnal

Rapat Kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (LPPM UNY) menyepakati percepatan capaian kinerja perguruan tinggi. Sebagai tindak lanjut dari Rapat Kerja LPPM, Pusat Publikasi dan Berkala Ilmiah (PPBI) LPPM UNY, menyelenggarakan diskusi pada Jumat, 31 Januari 2020 bertempat di Ruang Sidang Lantai 1 Gedung LPPM yang mengundang pemangku kepentingan publikasi di lingkungan UNY, terutama pengelola Jurnal.

“Diskusi ini merupakan upaya refleksi menentukan kondisi awal (baseline condition) sebagai dasar penyusunan program untuk mendukung kinerja publikasi dan kenaikan peringkat jurnal  perguruan tinggi”, begitu arahan Sekretaris LPPM UNY, Prof. Dr. Siti Irene Astuti D., M.Si.

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY , Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. yang hadir menyatakan akan mendukung program PPBI yang berupaya mendorong kualitas jurnal di UNY. Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNY, Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum. bahwa perlu upaya yang saling menguatkan dalam semangat meningkatkan kualitas jurnal di UNY, agar jurnal UNY meningkat grade dan terindeks.

Menurut Ketua PPBI UNY, Endah Retnowati, M. Ed., Ph.D.,”UNY memiliki jurnal sebanyak 86, dengan berbagai peringkat ataupun terindeks. PPBI berupaya meningkatkan pemeringkatan  jurnal UNY, diharapkan memiliki reputasi internasional. Perlu upaya sinergi antara dewan redaksi dan pengelola karena masing-masing punya peran yang berbeda untuk meningkatkan kualitas jurnal”.

Endah Retnowati berharap, pengelola jurnal harus paham terkait pengelolaan jurnal yang baik, sistem informasi terkait jurnal terutama prosedur Open Journal Systems (OJS),  pendataan artikel di digital object identifier (DOI), peng-indeks-an Google Scholar, proses peer-review diterapkan dalam pemeriksaan naskah, penyuntingan naskah sebelum penerbitan.

Perserta diskusi menyepakati upaya untuk meningkatkan kualitas jurnal, dengan sharing informasi, pengelola jurnal yang peringkat tinggi bisa berbagi pengalaman dalam pengelolaan dengan pengelola jurnal yang peringkat sintanya masih dibawahnya. Pelatihan pengelolaan jurnal yang spesifik perlu diadakan, misalnya, pelatiahan tentangprosedur artikel untuk mendapatkan DOI dan pelatihan- pelatihan yang lain untuk meningkatkan peringkat jurnal di Universitas Negeri Yogyakarta. (hty/ags)

Tags: