SEMINAR INSTRUMEN PENELITIAN IDB TAHUN 2014

seminar idb tahun 2014

Penelitian dana IDB (Islamic Development Bank) berfokus pada Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi yang diselenggarakan melalui Sistem Manajemen Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Sim-Litabmas) Ditlitabmas Ditjen Dikti. Tahun 2014 ini UNY medapatkan hibah penelitian IDB yang telah dimenangkan sebanyak 24 judul penelitian. Minggu (23/2), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY menyelenggarakan kegiatan Seminar Instrumen Penelitian IDB Tahun 2014 di Gedung LPPM yang diikuti sekitar 50 peneliti dan anggota.

Acara diawali dengan sambutan Direktur Eksekutif IDB, Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. yang menyampaikan bahwa seminar instrumen ini merupakan proses awal dari kegiatan penelitian, ditargetkan bulan April penelitian IDB ini selesai untuk proses administrasi. Penelitian ini adalah multi years, artinya sangat dimungkinkan untuk dilanjutkan pada tahun selanjutnya asalkan memenuhi persyaratan dan kelayakan untuk dilanjutkan.

Seminar dibuka oleh Ketua LPPM UNY, Prof. Dr. Anik Ghufron yang dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa target seminar ini yakni: 1) Peneliti memaparkan proses penelitian dan produk sebagai luaran dalam penelitian IDB, 2) Peneliti harus mencermati proses penelitian dari sisi waktu, SDM dan prosedur sesuai dengan panduan penelitian sehingga mendapatkan hasil yang excelent. Anik Ghufron berpesan kepada para peneliti peserta seminar agar memperhatikan masukan-masukan dari para reviewer pada saat paparan sebagai bahan evaluasi untuk proses selanjutnya.

Tags: