Workshop Pendampingan dan Akselerasi Paten Granted bagi Dosen dan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta 2023

Selasa, 31 Oktober 2023, bertempat di Hotel UNY, Pusat Sentra HKI dan SNI  DRPM UNY mengadakan Workshop Pendampingan dan Akselerasi Paten Granted bagi Dosen dan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta 2023, untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam mengajukan HKI, terutama hak cipta dan paten, yang telah menyelesaikan penelitiannya atau kegiatan PPM, sehingga jumlah HKI meningkat.       Jumlah usulan paten masih sangat rendah dan belum merata di setiap prodi. Padahal jumlah paten dan produk KI lainnya, merupakan salah satu indikator Kinerja Perguruan Tinggi dan Kinerja Prodi dalam akreditasi prodi maupun institusi.

Kemampuan dalam menyusun draf paten kadang-kadang merupakan salah satu kendala yang dihadapi dosen maupun mahasiswa sehingga mereka tidak berminat untuk mengajukan perlindungan karyanya dalam bentuk HKI. Oleh karena itu perlu ada kegiatan mediasi percepatan granted paten serta Bimbingan Teknis drafting paten bagi dosen dan mahasiswa UNY. Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan peserta untuk memahami teknik drafting paten, meningkatkan jumlah paten yang berhasil didaftarkan, meningkatkan jumlah paten granted . Peserta dalam pelatihan ini sebanyak 25 dosen dan mahasiswa dilingkungan UNY.

Dalam sambutan Direktur DRPM yang pada kesempatan ini di wakili oleh sekretaris direktur DRPM, Ibu Prof.Dr. Siti Irene Astuti D., M.Si. mengucapkan terima kasih kepada para perserta yang telah hadir, dan berharap mengikuti acara ini sampai akhir acara dan berjalan dengan lancar. Prof.Dr. Margana, M.A.,M.Hum, Wakil Rektor Bidang RKSIU dalam sambutannya mengatakan paten ini untuk segera diselesaikan agar tidak diambil oleh pihak lain, dan juga sebagai indikator untuk  IKU, karena UNY sudah menjadi PTNBH harus melakukan berbagai macam terobosan terutama untuk hal penelitian. Setelah sambutan acara dibuka secara resmi oleh Prof.Dr. Margana, M.A.,M.Hum., dan dilanjutkan paparan  nara sumber dari Kanwil Kemenkumham DIY, Bapak  Andri Krisna Budi Wibowo, S.T. dan Ibu Sri Wulan Prihatin, ST tentang bagaimana agar Paten bisa segera terselesaikan. Sekaligus dilakukan pendampingan kepada para invertor paten. (Heri DRPM)

Tags: