WORKSHOP PENYUSUNAN PROPOSAL DESENTRALISASI DAN HIBAH KOMPETITIF NASIONAL TAHUN 2013

     Rabu, (20/3) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Desentralisasi dan Hibah Kompetitif Nasional di R. Sidang Lt. 2 Gedung LPPM UNY. Acara dihadiri sekitar 80 dosen/peneliti UNY.  Acara dibuka langsung oleh Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, M.A yang didampingi oleh Ketua LPPM Prof. Dr. Anik Ghufron.   

     Kegiatan Workshop ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam penyusunan proposal penelitian, diharapkan nantinya para dosen mendapatkan tips dan ilmu penyusunan proposal penelitian yang baik dari para narasumber tersebut. Hadir sebagai narasumber utama yaitu Desmilita, M.Si dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) DIKTI, dalam kesempatan ini ia menyampaikan topik bahasan tentang “Kebijakan dan Evaluasi Pengembangan Penelitian di Perguruan Tinggi”. Seorang dosen harus memenuhi TRIDHARMA Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dalam konteks ini dosen harus membuat penelitian.  Ditlitabmas hadir sebagai wadah penyusunan bahan perumusan kebijakan, standarisasi dan pemberian bimbingan teknis serta evaluasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, imbuhnya.

     Desmelita menambahkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat wajib dilakukan dosen Perguruan Tinggi karena sudah masuk dalam BOPTN, sehingga tidak ada lagi dosen yang tidak melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, seperti yang tercantum dalam undang-undang RI tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, pasal 45, 46, dan 47.

     Prof. Dr. Kamsul Abraha Guru Besar Fakultas MIPA UGM (Reviewer Ditlitabmas DIKTI) yang juga sebagai narasumber menyampaikan topik “Kiat-kiat Menulis Proposal Penelitian Kompetitif”. Menurutnya tolok ukur tingginya pengetahuan suatu bangsa adalah kualitas & kuantitas penelitian yang dihasilkan bangsa tersebut melalui publikasi di jurnal-jurnal ilmiah. Untuk menyusun sebuah proposal yang baik harus memenuhi persyaratan  diantaranya: mematuhi ketentuan dalam buku panduan, memahami faktor-faktor penentu (administratif dan subtantif) diterima atau ditolaknya usulan, memperhatikan penampilan usulan, menonjolkan hal-hal penting dalam usulan, mengacu pada kriteria penilaian/seleksi usulan dan menerapkan strategi menulis usulan penelitian, imbuhnya.

     Acara diakhiri dengan tutorial oleh dosen/peneliti UNY dengan para tutor yang telah ditunjuk oleh LPPM UNY yaitu : Prof. Dr. Sriatun dan Sumarno, PhD, beliau berdua telah banyak mendapatkan Hibah Penelitian dari DIKTI, sehingga diharapkan para dosen dapat memperoleh pengalaman menyusun proposal penelitian yang dapat didanai oleh Ditlibtamas DIKTI.

Tags: