Pelatihan TOT

Kualitas kepemimpinan di sekolah/madrasah memiliki dampak signifikan terhadap kualitas hasil akhir pendidikan. Oleh karena itu, kompetensi pengawas dan kepala sekolah/madrasah menjadi penting diperhatikan dan dikembangkan, khususnya melalui penentuan standar kompetensi, dan pengembangan dan pelaksanaan pendekatan-pendekatan baru untuk proses rekrutmen, penilaian dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Dalam rangka pengembangan keprofesian, diperlukan data dasar terkini mengenai tingkat pencapaian kompetensi pengawas dan kepala sekolah/Madrasah. Oleh karena itu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNY bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama pada tanggal 19 Juni 2012  mengadakan kegiatan Pelatihan Teaching Of Trainer yang dibuka oleh Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Anik Ghufron dan diadakan di Gedung Sidang Lantai 1 LPPM dan dihadiri oleh 37 peserta dosen UNY.

Tujuan dari kegiatan ini adalah 1) Mengetahui tingkat kompetensi kepala sekolah/madrasah dan pengawas berdasarkan Standar Kompetensi 2) Mengetahui profil kepala sekolah/madrasah dan pengawas untuk memberi informasi mengenai program-program PKB di masa datang 3) Menganalisa kebutuhan PKB di masa depan bagi pengawas dan kepala sekolah/madrasah.4) Mengetahui sejauh mana Permendiknas No.12 tahun 2007 dan no.13 tahun 2007 dilaksanakan.5) Mengetahui dampak diklat penguatan pengawas dan kepala sekolah/madrasah.

Studi akan memanfaatkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan beragam teknik pengumpulan data, yakni survei dengan kuesioner, pengumpulan data pendukung, wawancara dan Diskusi Kelompok Terfokus/ FGD. Sampel mencakup daerah-daerah di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Tags: