SEMINAR AKHIR PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (PPM) 2012

   Desa Ngeposari adalah salah satu desa di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Desa Ngeposari memiliki luas wilayah 1.470.000 hektar, jumlah penduduk keseluruhan adalah 10.136 orang. Dari sisi mata pencaharian, sebagian besar penduduk Ngeposari adalah petani. Potensi alam Desa Ngeposari sangat bagus untuk pertanian lahan kering, misal kacang tanah, kedelai, padi gogo, jagung dan palawija lainnya.

   Masalah yang dihadapi peneliti adalah 1) Bagaimana mengembangkan potensi Desa Ngeposari, Semanu, Gunungkidul menjadi Desa Mandiri melalui pendapingan Posdaya?2) Upaya apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan wirausaha berbasis potensi desa ?

Bentuk kegiatan yang telah dilakukan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan dalam rangka sosialisasi POSDAYA, pembentukan POSDAYA, pendampingan dan pelatihan pengembangan usaha berbasis potensi masyarakat dan potensi alam. Dan manfaat kegiatan PPM ini adalah 1). Masyarakat mampu mengidentifikasi potensi desanya, sehingga meningkatkan kesadaran mengenai potensi yang dimilikinya dan dapat memanfaatkan sebagai basis usaha peningkatan kesejahteraan melalui POSDAYA. 2). Masyarakat mampu mengembangkan potensi diri dan desanya menjadi wirausaha melalui penyuluhan dan pelatihan berbasis POSDAYA.3). Masyarakat menjadi mandiri secara ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan hidup, demikian paparan Triatmanto, M.Si. dalam kegiatan Seminar Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) 2012 yang diadakan di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNY tanggal 12 Nopember 2012, yang dibuka oleh Prof. Dr. Anik Ghufron selaku Ketua LPPM, dan dihadiri oleh 120 dosen UNY dan dibagi kedalam 3 kelompok.

Tags: