GENERAL CHECK UP DALAM RANGKA DIES KE-49 UNY

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manusia karena kesehatan sangat mahal harganya. Oleh karena itu, dalam upaya menjaga kesehatan bagi pegawai dan dosen UNY, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan Dharma Wanita Persatuan UNY bekerjasama dengan Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta  mengadakan kegiatan general check up bagi warga UNY yang diadakan tanggal 2—3 April 2013 di LPPM UNY.

Tujuan acara ini adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing, sehingga dapat mengantisipasi dan mencegah timbulnya penyakit fatal, mendeteksi secara dini, dan memberikan pengobatan secepat mungkin. Adapun jenis parameter pilihan general check up antara lain pemeriksaan diabetes, profil lemak/kadar lemak dalam darah, fungsi ginjal, penyakit batu/infeksi ginjal, fungsi hati, gamma GT, Kadar Hb dan sebagainya.

Acara dibuka langsung oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., yang didampingi oleh ketua LPPM, Prof. Dr. Anik Ghufron. Dalam pidatonya, Rektor UNY menyampaikan pesan bahwa kegiatan ini perlu dilanjutkan tiap tahun demi mengetahui kondisi kesehatan pegawai dan dosen UNY. Dengan kondisi badan yang sehat, mereka dapat meningkatkan kinerja dan mengantisipasi berbagai serangan penyakit secara dini.

Banyak warga UNY yang antri, terutama yang berusia 50 tahun ke atas karena mereka mendapatkan subsidi dari UNY guna memilih enam item check up yang digratiskan. Dalam acara ini sekitar 200 peserta, baik pegawai maupun dosen, sangat antusias mengikuti acara tersebut, termasuk Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., sebagai peserta pertama yang memeriksakan kesehatannya.

Pengambilan hasil tes general check up dapat dilakukan pada tanggal 11 April 2013 disertai dengan penjelasan dokter. Kegiatan general check up ini rutin dilaksanakan tiap tahun dalam rangka dies natalies Universitas Negeri Yogyakarta. 

Tags: