LPPM UNY Perluas Hasil Penelitian

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (LPPM UNY) menjajaki kerja sama dengan SHK Kedaulatan Rakyat untuk memperluas hasil penelitian sekaligus bisa diterapkan sehingga memberi dampak positif bagi masyarakat.

Hal tersebut mengemuka dalam silaturahmi Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Anik Ghufon dengan Wakil Pemimpin Redaksi KR Drs. H. Ahmad Lutfhie, MA., Kamis (5/9). Turut serta pula Kahumas UNY Dr. Anwar Efendi dan Humas LPPM Agus Irfanto.

Kerja sama ini merupakan salah satu program yang dijalankan LPPM UNY. Sedangkan penyebarluasan hasil penelitian dan pengabdian diterbitkan dalam Jurnal Kependidikan, Juornal of Education, Humaniora, Saintek dan Inotek maupun forum ilmiah lainnya.

“Kami memilih KR karena memiliki jumlah pembaca besar dan anak usaha yang terus berkembang. Kami berharap hasil kerja sama ini nantinya bisa dibaca, dipahami bahkan diterapkan masyarakat. Banyak hasil penelitian yang berkaitan langsung dengan dan dibutuhkan masyarakat. Misalnya pembuatan (pupuk) kompos dengan metode terbaru sehingga prosesnya lebih cepat dan banyak mengandung nutrisi,“ kata Anik Ghufron.

Anik Ghufron menjelaskan, penyebarluasan ini untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang, sehingga bisa mudah diakses. Sedangkan program kerja LPPM UNY lainnya merupakan penelitian, pengembangan dan penerapan iptek, program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat sampai program penguatan kapasitas kelembagaan.

“Belum lama ini, LPPM UNY monitoring KKN Kependidikan 2013 di SMK N 2 Pengasih dan Kelurahan Giripeni Wates Kulon Progo. Ada 34 Mahasiswa UNY yang melaksanakan KKN Kependidikan di SMK N 2 Pengasih yang semuanya dari Fakultas Teknik. Selama 1,5 bulan terjun di sekolah dan di masyarakat peserta mampu menggelar berbagai kegiatan,” tandasnya.