WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL JURNAL INOTEK DAN SAINTEK

Salah satu cara untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) dengan menerbitkan artikel ilmiah ke dalam jurnal. LPPM UNY memiliki jurnal-jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dan PPM dari dosen/mahasiswa/guru di lingkungan UNY. Jurnal Inovasi dan Aplikasi Teknologi (INOTEK) lebih kepada hasil PPM dan Jurnal Sains dan Teknologi (SAINTEK) lebih kepada hasil penelitian.

Kamis, 23 Januari 2014, bertempat di Ruang Sidang Madya LPPM UNY diselenggarakan Workshop Penulisan Artikel Jurnal yang dihadiri sekitar 50 dosen di lingkungan UNY. Acara dibuka langsung oleh Ketua LPPM, Prof. Dr. Anik Ghufron yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “suatu hasil penelitian atau PPM kalau tidak disebarluaskan tidak akan diketahui oleh masyarakat luas. LPPM selalu berkomitmen sebagai lembaga yang mengawal dan menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menyediakan wadah untuk publikasi tersebut dalam bentuk jurnal”, tandasnya.

Hadir sebagai narasumber utama, Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro, yang menghadirkan tema “Kiat Penulisan Artikel yang Berkualitas”. Menurutnya suatu artikel bisa dikatakan baik jika mempunyai kebenaran empirik dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Laporan penelitian merupakan modal penting untuk membuat karya tulis karena memliliki kadar kabenaran empirik yang sudah teruji.

Burhan  menambahkan, “dalam praktik menulis artikel diibaratkan seperti belajar berenang dengan resiko tenggelam, untuk itu perlunya memperhatikan panduan, sistematika dan gaya selingkung jurnal yang dituju harus sesuai dengan misi jurnal, kalau tidak sesuai tuntutan pasti ditolak!”, tegasnya.

Selanjutnya peserta diberikan materi meliputi Gaya Selingkung Jurnal SAINTEK yang disampaikan oleh Prof. Dr. Sri Atun, dan materi Gaya Selingkung Jurnal INOTEK disampaikan oleh Darmono, MT. (ags)

Tags: