UPACARA PELEPASAN KKN SEMESTER GENAP TAHUN 2014

pelepasan KKN semester Genap

Sebanyak 79 mahasiswa calon peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNY mengikuti Upacara Pelepasan KKN Semester Genap T.A 2013/2014 di Ruang Sidang Utama LPPM UNY pada Kamis, 5 Februari 2014. Upacara Pelepasan KKN merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa peserta KKN. Sebelumnya telah dilaksanakan Ujian Pembekalan secara On-line pada hari Senin, 3 Februari 2014 di Warnet Limuny Puskom  yang baru pertama kali dilakukan dalam sejarah KKN UNY, dari 91 mahasiswa calon peserta KKN yang mengikuti ujian tersaring 79 mahasiswa yang layak untuk mengikuti KKN Semester Genap T.A 2013/2014.

Kepala Pengelolaan Kuliah Kerja Nyata dan Pengembangan Wilayah Terpadu LPPM UNY, Triatmanto, M.Si dalam sambutannya melaporkan bahwa 79 mahasiswa yang mengikuti KKN Semester Genap T.A 2013/2014 akan diterjukan di wilayah Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul yang meliputi 3 Desa yakni, Desa Pleret, Desa Segoroyoso, dan Desa Wonokromo. Dari 79 mahasiwa peserta KKN akan dibagi menjadi 9 Kelompok yang akan diampu oleh 3 DPL. Penerjunan KKN direncanakan pada hari Senin, 10 Februari 2014 di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul.

Triatmanto menambahkan,” selama 4 bulan mahasiswa KKN hanya 3 hari terjun di lapangan, Jumat, Sabtu dan Minggu, dikarenakan mahasiswa peserta KKN Semester Genap masih mengambil mata kuliah aktif. Meski hanya 3 hari dilapangan mahasiswa harus bisa menyesuaikan kondisi masyarakat lokasi KKN agar tercipta sinergi antara program mahasiswa dengan program masyarakat”, tambahnya.

Sekretaris LPPM, Dr.Widarto, M.Pd., dalam kata sambutannya berpesan “5 - K” kepada mahasiswa peserta KKN, “5-K” tersebut meliputi Niat 2-K, Jaga 2-K dan Misi 1K. Niat 2-K, niat kuliah dan kerja, artinya niatkan kuliah karena KKN merupakan salah satu mata kuliah wajib, selain kuliah KKN juga kerja yang riil di masyarakat . Jaga 2-K, jaga kesehatan dan keselamatan, artinya mahasiswa harus bisa mengetahui batas kemampuan diri karena kuliah dan KKN itu berat pelaksanaannya di masyarakat. Dan Misi 1-K, misi kemanusiaan, artinya mahasiswa dalam konteks KKN di masyarakat merupakan sumber informasi dan referensi terhadap kehidupan sosial di masyarakat lokasi KKN.

Widarto menegaskan kepada mahasiswa peserta KKN,” tunjukanlah ketrampilan “plus” yang anda miliki selain ketrampilan yang anda dapatkan di kampus, karena di masyarakat sesungguhnya anda akan menjumpai tantangan baru”, tegasnya.

Upacara Pelepasan KKN Semester Genap 2013/2014 diakhiri dengan penyerahan  perangkat penunjang KKN secara simbolik oleh Sekretaris LPPM kepada perwakilan mahasiswa peserta KKN. (ags)

Tags: