BAKTI SOSIAL DIES NATALIS KE-51 UNY

baksos 2015

Dalam rangka dies natalis ke-51 UNY, diselenggarakanlah bakti sosial di halaman Balai Desa Putat, Patuk, Gunungkidul pada Minggu, 15 Maret 2015 yang dilaksanakan oleh LPPM UNY. Bakti sosial dihadiri oleh Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. beserta jajarannya serta para Dekan Fakultas dan Pimpinan Lembaga di UNY. Dalam bakti sosial ini dibagikan 250 paket sembako dan 250 paket pakaian pantas pakai. Pada bakti sosial di Putat ini juga dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan laboratorium mini bagi 250 pasien. Selain bakti sosial juga diadakan senam massal berhadiah utama 3 ekor kambing. Selain itu juga ada beberapa ekor ayam, mentog dan beberapa hadiah lain yang dibagikan sebagai doorprize .

Camat Patuk, R. Haryo Ambarsuwandi, S.H., M.Si. menyambut baik agenda bakti sosial UNY di wilayahnya dan berharap agar pada masa depan pembinaan pada warga dapat terus dilanjutkan. “Bakti sosial ini sebagai impelentasi ilmu pada masyarakat” kata R. Haryo Ambarsuwandi, SH., M.Si. “Kami juga ingin dibina, terutama mengenai pemberdayaan masyarakatnya.”

Secara khusus Camat Patuk mengungkapkan keinginannya agar diadakan lagi program KKN UNY di Patuk, karena berkaca pada kesuksesan KKN UNY di dusun Jelok, Patuk beberapa tahun yang lampau di mana mahasiswa KKN UNY berhasil merampungkan jembatan yang menghubungkan dusun Jelok dengan akses jalan utama, sehingga tranportasi masyarakat sangat terbantu. “Saya masih ingat, pada peresmian jembatan tersebut para warga menangis terharu karena selama belum ada jembatan, warga Jelok harus menyeberang sungai untuk bisa keluar dusun,” kata R. Haryo Ambarsuwandi, S.H., M.Si.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Bahrun Rosyid, M.M. dalam sambutannya mewakili Bupati Gunungkidul menyampaikan ucapan terimakasih pada UNY yang memilih Gunungkidul sebagai tempat untuk mengadakan bakti sosial. “Semoga dengan hadirnya UNY bisa memberikan motivasi bagi masyarakat Gunungkidul dan memberikan dampak positif bagi warga,” ungkap Bahrun Rosyid, M.M.

Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. dalam sambutannya mengatakan bahwa UNY memberikan segala yang dipunyai untuk kepentingan rakyat, termasuk siap untuk melakukan kolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk melaksanakan program KKN dan sebagainya.

Kegiatan bakti sosial dibuka dengan penyerahan secara simbolis paket sembako oleh Rektor UNY pada salah seorang warga.  Jumiyem, warga Putat 3 Patuk merasa senang dengan adanya bakti sosial ini. Jumiyem mendapat paket sembako yang menurutnya akan digunakan untuk menopang kebutuhan keseharian di mana suaminya berprofesi sebagai petani dengan 1 anak yang telah duduk di bangku SMK. (dedy)

Tags: