MONITORING KKN SEMESTER KHUSUS

monitoring kkn 2015

“KKN merupakan sarana mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan ilmu yang diperoleh di kampus untuk diimplementasikan dalam kehidupan nyata agar bermanfaat bagi masyarakat. Mahasiswa harus bisa menjembatani antara kebutuhan perguruan tinggi dengan masyarakat dan masyarakat dengan pemerintah daerah agar tercipta sinergitas antar berbagai elemen”. Demikian disampaikan WR I UNY Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed.D., saat memberi sambutan pada kegiatan monitoring KKN UNY Semester Khusus tahun 2015, Sabtu (22/8), di Balai Desa Poncosari, Srandakan, Bantul.

Kegiatan monitoring KKN ini dilakukan untuk melihat hasil program kerja mahasiswa selama KKN berlangsung. Pada semester Khusus ini UNY menerjunkan sebanyak 4772 mahasiswa yang tersebar diberbagai daerah di wilayah DIY-Jateng. Pelaksanaan KKN semester khusus dibagi menjadi 2 periode, periode 1 dilaksanakan 1 Juli – 30 Juli, dan periode 2 dilaksanakan 1 Agustus – 31 Agustus. Pada periode 2 ini di Kabupaten Bantul diterjunkan sebanyak 314 mahasiswa dalam 30 Kelompok.

Kepala Desa Poncosari Supriyanto, S.E., S.PT., menjelaskan bahwa Bantul termasuk daerah rawan bencana namun berkat hadirnya perguruan tinggi dengan program KKN sangatlah membantu masyarakat dalam proses recovery pasca bencana maupun memberikan informasi terkait mitigasi bencana.

Supriyanto menambahkan, Bantul juga sebagai salah satu daerah wisata di DIY yang memiliki potensi dan sumber daya melimpah. Hadirnya KKN UNY di desanya memberikan banyak manfaat bagi masyarakat untuk mempromosikan potensi Desa Poncosari.

Staf ahli Bupati Bantul Ir. Hadi Subianto, M.M., dalam kesempatan ini juga menyampaikan bahwa kemajemukan ilmu di UNY harus bisa memberi solusi berbagai permasalahan di masyarakat. Program KKN adalah wadah untuk mengimplementasikan ilmunya agar bisa langsung dirasakan oleh masyarakat dimana mereka KKN.

Hadi Subianto menambahkan, mahasiswa KKN harus bisa menjadi agen perubahan dan penghubung antara program pemerintah daerah dengan masyarakat untuk itu mahasiswa dituntut untuk memberikan informasi kepada masyarakat, memberi motivasi untuk memperoleh dukungan masyarakat, dan memberikan edukasi kepada masyarakat.

Pada acara ini mahasiswa KKN berkesempatan memamerkan hasil karya dan potensi dusun tiap kelompok yang berasal dari hasil kreativitas mahasiswa KKN maupun dari warga setempat. (ags)

Tags: