PELEPASAN KKN SEMESTER GASAL 2015

pelepasan kkn UNY sem gasal 2015

Rabu, 30 September 2015, bertempat di Ruang Sidang Utama LPPM UNY diselenggarakan Upacara Pelepasan KKN Semester Gasal T.A 2015/2016. Upacara Pelepasan KKN wajib diikuti oleh mahasiswa peserta KKN yang sebelumnya telah dinyatakan lulus waktu pembekalan. Kepala Pusat Pengelolaan KKN dan PWT UNY, Dr. Edi Istiyono, melaporkan dalam sambutannya KKN Semester Gasal tahun ini UNY menerjunkan sebanyak 163 mahasiswa yang terdiri dari FIP (7), FBS (32), FMIPA (15), FIK (10), FIS (25), FE (20) dan FT (54) mahasiswa. Dari 163 mahasiswa dibagi menjadi 17 kelompok yang diampu 5 DPL. KKN kali ini akan ditempatkan di 3 Kabupaten/Kota, Kabupaten Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta. KKN Semester Gasal ini rencananya akan berlangsung selama 2 bulan mulai 1 Oktober – 30 November 2015. 

Acara dibuka oleh ketua LPPM UNY, Prof.Dr. Anik Ghufron, pada sambutanya menyampaikan sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi LPPM melalui Pusat Pengelolaan KKN dan PWT memfasilitasi kegiatan KKN mahasiswa UNY. Anik Ghufron menyampaikan kepada mahasiswa peserta KKN bahwa, “bersinergi dengan masyarakat pasti banyak manfaat yang didapatkan baik secara individu, kelompok dan mengangkat nama UNY. Hal tersebut bisa berhasil asalkan mahasiswa bisa menjalin komunikasi dengan DPL dan masyarakat tentunya kaitannya dengan program yang akan dilaksanakan”, jelasnya.

Anik Ghufron berpesan kepada mahasiswa KKN untuk berperilaku santun saat di masyarakat, menjaga diri dan nama baik UNY, sadar diri sebagai mahasiswa KKN yang mempunyai program untuk pemberdayaan masyarakat, melaksanakan program sesuai prosedur dan selalu melakukan koordinasi antar teman, DPL atau LPPM jika terjadi persoalan di lapangan.

Anik Ghufron menambahkan,” selama 2 bulan mahasiswa KKN hanya 3 hari terjun di lapangan, Jumat, Sabtu dan Minggu, dikarenakan mahasiswa peserta KKN Semester Gasal masih mengambil mata kuliah aktif. Meski hanya 3 hari dilapangan mahasiswa harus bisa menyesuaikan kondisi masyarakat lokasi KKN agar tercipta sinergi antara program mahasiswa dengan program masyarakat”, tambahnya. (ags)

 
Tags: