PUSAT UNIT SEKOLAH LABORATORIUM

Pejabat

Ketua             : Dr. Aprilia Tina Lidyasari, M.Pd.

Sekretaris       : Dr. Indriyana Rachmawati, M.Pd.

Pendahuluaan

     Unit Sekolah Laboratorium Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2023 merupakan salah satu unit pada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UNY di bawah Bidang RKSIU dan Rektor. Seiring dengan perkembangan DRPM, Unit Sekolah Laboratorium mendukung terwujudnya penelitian dan pengabdian berbasis ipteks dan perberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan dan kemanusiaan khususnya di Sekolah Laboratorium UNY dan lingkungan pendidikan lainnya. Laboratorium UNY awalnya adalah sekolah yang dikembangkan dan dibina UNY sebagai wahana pelatihan, penelitian dan inovasi pembelajaran yang edukatif, berkarakter dan berbudaya bagi mahasiswa kependidikan. Harapan menjadi sekolah model yang ideal bagi masyarakat juga menjadi prioritas. Untuk memenuhi harapan tersebut memerlukan sumber daya manusia dan dukungan system. Unit Sekolah Laboratorium menjadi bagian dari dukungan system berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia di sekolah laboratorium UNY melalui riset dan pengabdian. Selain memberikan pelayanan terhadap pengembangan SDM sekolah Laboratorium, unit sekolah laboratorium juga melayani permintaan masyarakat berupa pelatihan baik untuk guru, siswa dan manajemen sekolah.

 

Visi, Misi, Tujuan, dan Program
Visi

Mewujudkan sumber daya manusia yang bertaqwa, terampil, kreatif, inovatif, berkarakter, berbudaya dan peduli akan kebutuhan di masyarakat.

Misi

  1. Mengembangkan SDM yang bertaqwa, terampil, kreatif dan inovatif dalam pendidikan
  2. Mengembangkan SDM yang berkarakter dan berbudaya dalam pendidikan
  3. Mengembangkan SDM yang memiliki jiwa pemimpin dan peduli akan kebutuhan di masyarakat
  4. Mewujudkan pendidikan yang mampu melayani kebutuhan masyarakat.
  5. Mengembangkan kegiatan akademik dan non akademik yang berkualitas di sekolah laboratorium
  6. Mengadakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik siswa maupun guru di sekolah laboratorium.

Tujuan

  1. Mendampingi pengembangan sekolah Laboratorium UNY yang memenuhi standar nasional dan sesuai dengan harapan masyarakat sekitar sehingga dapat menjadi model sekolah yang efektif dan efisien bagi sekolah-sekolah lainnya.
  2. Pengembangan SDM yang dilaksanakan dalam proses akademik maupun non akademik.

 

Struktur Organisasi