PUSAT STUDI SISTEM PENGUJIAN PENDIDIKAN

A. PEJABAT
Kepala : Prof. Dr. Sudji Munadi
 
B. PENDAHULUAN
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) telah memberikan dampak positif pada kemajuan dunia pendidikan. Kemajuan dunia pendidikan sangat berkaitan erat dengan perkembangan IPTEKS. Kemajuan dunia pendidikan dapat memacu perkembangan IPTEKS, sebaliknya pemanfaatan IPTEKS dapat memberikan kontribusi positif pada kemajuan dunia pendidikan. Seiring dengan kemajuan IPTEKS, kemajuan dunia pendidikan harus selalu menjadi perhatian semua pihak.
 
Pusat Studi Sistem Pengujian Pendidikan (PSSPP) adalah salah satu unit kerja yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tanggung jawab untuk ikut memajukan pendidikan.  Upaya yang ditempuh PSSPP dalam memajukan pendidikan dilakukan melalui kegiatan pengkajian, penelitian, dan pengembangan yang berkaitan dengan dunia pendidikan. 
 
Sebagai salah satu pusat studi dibawah LPPM Universitas Negeri Yogyakarta, maka semua kegiatan pengkajian, penelitian, dan pengembangan pendidikan tetap berlandaskan pada visi, misi, tujuan, dan program LPPM Universitas Negeri Yogyakarta. Fokus kegiatan PSSPP diarahkan pada:
  1. Perencanaan, penerapan, dan pengembangan metodologi penelitian pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.
  2. Pengkajian dan pengembangan sistem pengujian pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan instrumen pengukuran dan pengujian pendidikan yang mencakup standarisasi, adaptasi, validasi, dan kalibrasi instrumen.
 
C. VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM
VISI 
Terwujudnya pusat studi yang unggul dan terkemuka dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang penelitian dan sistem pengujian pendidikan  berbasis IPTEKS dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan untuk mendukung  Lembaga Penelitian  dan Pengabdian kepada Masyarakat di Universitas Negeri Yogyakarta.
 
MISI
  1. Melaksanakan penelitan dan pengembangan sistem dan pengujian pendidikan.
  2. Mengkoordinasikan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh anggota terkait dengan penelitian dan sistem pengujian pendidikan.
  3. Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk publikasi, produk atau program yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan dan sistem pengujian pendidikan.
  4. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat yang terkait dengan penelitian dan sistem pengujian pendidikan.
 
TUJUAN
  1. Terwujudnya penelitian pendidikan dan pengembangan sistem pengujian pendidikan.
  2. Terselenggaranya kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya di bidang penelitian dan sistem pengujian pendidikan.
 
PROGRAM
  1. Melaksanakan seminar, diskusi, sarasehan tentang metodologi penelitian pendidikan,  pengukuran dan sistem pengujian pendidikan.
  2. Melakukan penelitian tentang pendidikan,  pengukuran, dan sistem pengujian pendidikan.
  3. Menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. 
  4. Melakukan publikasi, desiminasi dan pengabdian tentang hasil penelitian atau menyampaikan kepada institusi pengambil keputusan.
  5. Memberikan layanan konsultasi tentang metodologi penelitian  pendidikan, analisis data, pengukuran, dan sistem pengujian pendidikian.
  6. Memberikan advokasi dan fasilitasi pengembangan metodologi penelitian pendidikan, analisis data, pengukuran dan sistem pengujian pendidikan.
  7. Menyediakan bank soal/bank alat evaluasi untuk sekolah, perguruan tinggi, dan instansi.
  8. Melakukan pengembangan alat evaluasi dan bank soal/bank alat evaluasi untuk sekolah, perguruan tinggi, dan instansi.
  9. Menyelenggarakan pelatihan metodologi penelitian pendidikan dan metode analisis data. 
  10. Menyelenggarakan pelatihan pengembangan instrumen pengukuran dan penilaian pembelajaran di sekolah. 
 
D. STRUKTUR ORGANISASI