Rintisan Riset Bakesbangpol Bantul dengan UNY

kerjsama riset

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bantul melakukan kunjungan ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (LPPM UNY) pada Jum’at, 14 Februari 2020. Kunjungan kerja tersebut dipimpin Yuli Hendi selaku Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Badan Bakesbangpol Bantul, diterima oleh Ketua LPPM UNY Prof. Dr. Suyanta, M.Si.; Sekretaris LPPM UNY, Prof. Dr. Siti Irene Astuti D., M.S.; Ketua Pusat Pendidikan Pancasila dan Karakter (PPPK), Dr. Marzuki; Sekretaris Pusat PPPK, Dr. Syamsuri.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Suyanta, M.Si memberikan informasi bahwa UNY sudah lama menjalin kekeluargaan dengan Pemkab Bantul, tidak hanya dengan Bakesbangpol,“ Saat gempa yang menggoncang DIY Tahun 2006 yang lalu, UNY sebagai perguruan tinggi yang mempunyai kapasitas di kependidikan, berperan dalam recovery di bidang pendidikan dengan bekerja sama dengan lembaga lain, misalnya dengan JICA, sehingga prestasi akademik siswa tidak kalah dengan daerah yang tidak berdampak gempa. Kerjasama lain adalah seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemkab Bantul, seleksi perangkat desa, pendampingan desa untuk mengembangkan potensinya”.

Kepala Bidang Kesatuan Bangsa mewakili Kepala Bakesbangpol Pemkab Bantul menyampaikan bahwa kunjungan kerja dalam rangka merintis kerjasama riset, jika sudah ada Nota Kesepahaman antara UNY dan Pemkab Bantul, maka kerjasama yang akan dilakukan lebih mudah, dengan diadakan Perjanjian Kerjasama antara LPPM UNY dan Bakesbangpol Pemkab Bantul, ”Kerjasama riset di bidang sosial, nantinya hasil riset ini menjadi acuan Bakesbangpol dalam menyusun kegiatan yang akan datang dalam rangka mendukung pembangunan di Bantul”, kata Yuli Hendi.

Dr. Marzuki menambahkan, “UNY mempunyai pengalaman dalam melakukan riset sosial di berbagai daerah. Perlunya keterbukaan dan kesepakatan aktor dalam sistem tata sosial, agar memberikan suasana kondusif dalam berkehidupan bermasyarakat dan bernegara”. (hty/ags)

Tags: