PUSAT KREATIVITAS, LITERASI. DAN PEMBELAJARAN SEPANJANG HAYAT

Pendahuluan

Tantangan dunia Pendidikan berkembang seiring dengan berjalannya waktu, kemajuan teknologi, situasi sosial, politik, ekonomi, budaya dan lainnya yang bersentuhan langsung dengan kehidupan manusia. Perkembangan yang terjadi di Abad XXI sama sekali berbeda dengan yang terjadi pada abad sebelumnya. Dominasi mesin yang beralih pada teknologi pintar telah mengancam eksistensi manusia dalam kehidupan. Bagaimana dengan pendidikan? Dapatkah Pendidikan mengantisipasi kondisi tersebut? Atau, malah pendidikan sendiri yang ikut terimbas perkembangan teknologi tersebut? Di Era Revolusi Industri 4.0, kecakapan hidup tidak lagi dilihat berdasarkan keterampilan teknis, melainkan lebih dari itu tentang bagaimana seseorang memiliki kapasitas dalam dirinya untuk mampu bekerja lebih keras, kreatif, mampu memecahkan masalah, kritis, dan kemampuan lainnya yang secara personal harus dimiliki. Modal utama dari kemampuan tersebut adalah literat (literate, melek aksara, paham). Manusia yang literat berkemungkinan mudah beradaptasi dengan beragam lingkungan. Kemampuan beradaptasi ini diharapkan dapat memicu kreativitas tanpa batas (pemecahan masalah, pengembangan, dan inovasi). Melalui gerakan literasi, masyarakat diharapkan semakin menyadari pentingnya belajar. Belajar dapat berlangsung dimana saja, kapan saja, dan dalam setuasi apapun. Tanpa mengenal usia, kegiatan belajar tetap terjadi, baik belajar dengan sesama maupun belajar melalui lingkungan sekitarnya.

Pembelajaran sepanjang hayat dapat secara sadar dilakukan oleh seseorang ketika ia mempunyai kemampuan literasi yang baik. Kesadaran mendorong manusia untuk mampu menangkap makna pembelajaran dalam setiap kondisi dan situasi yang terjadi pada dirinya dan lingkungan di sekitarnya. Pada akhirnya, ia akan sampai pada level tahu bahwa dirinya benar-benar tahu tentang apa dan manfaat ia mempelajari sesuatu. 

Pusat Kreativitas, Literasi dan Pembelajaran Sepanjang Hayat merupakan pusat yang berada di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta yang bergerak dalam bidang pengembangan praktik kependidikan dengan fokus pada pengembangan kreativitas dan literasi yang ditunjang dengan praktik pembelajaran sepanjang hayat. 

 

Pejabat

Ketua          : Pangesti Wiedarti, M.Appl. Ling., Ph.D (pangesti@uny.ac.id)
Sekretaris    : Dr. Iis Prasetyo, M.M. (iis.prasetyo@uny.ac.id)

 

Visi, Misi, Tujuan, dan Program

Visi
Terwujudnya pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang kreativitas, literasi, dan pembelajaran sepanjang hayat yang unggul dan terkemuka berbasis ipteks dan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung UNY menjadi Universitas Kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikiaan.

 

Misi

  1. Melaksanakan penelitian dalam bidang kreativitas, literasi dan pembela- jaran sepanjang hayat.
  2. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian bidang kreativitas, literasi, dan pembelajaran sepanjang hayat.
  3. Meningkatkan akses layanan kepada masyarakat di bidang pendidikan khususnya kreativitas, literasi dan pembelajaran sepanjang hayat.
  4. Memperluas jaringan kerja sama dengan instansi dalam dan luar negeri dalam mengembangkan kreativitas, literasi, dan pembelajaran sepanjang hayat.
  5. Meningkatkan karya-karya referensi mengenai kreativitas, literasi dan pembelajaran sepanjang hayat.

 

Tujuan 

  1. Menyelenggarakan kegiatan penelitian, kajian-kajian, diskusi dan seminar tentang kreativitas, literasi dan pembelajaran sepanjang hayat
  2. Menyelenggarakan kegiatan lokakarya, diskusi kelompok terpumpun, pelatihan, penyuluhan, pendampingan serta konsultasi dalam bidang kreativitas, literasi, dan pembelajaran sepanjang hayat.
  3. Menyediakan layanan informasi dan support system layanan kreativitas, literasi, dan pembelajaran sepanjang hayat.

 

Program

  1. Penelitian dan pengembangan bidang kreativitas, literasi, dan pembel- ajaran sepanjang hayat.
  2. Pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pelatihan, lokakarya, diskusi kelompok terpumpun, penyuluhan, pendampingan   serta kegiatan sejenis lainnya dalam bidang kreativitas, literasi, dan pembelajaran sepanjang hayat.
  3. Kerja sama dengan instansi dalam dan luar negeri.
  4. Menyediakan sumber-sumber informasi (digital dan cetak) bidang kreativitas, literasi, dan pembelajaran sepanjang hayat.

 

Struktur Organisasi dan Keanggotaan

 

Deskripsi Kerja Pusat Kreativitas Literasi dan Pembelajaran Sepanjang Hayat

  1. Melaksanakan kegiatan penelitian bidang kreativitas, literasi, dan pembelajaran sepanjang hayat dalam rangka mengembangkan keilmuan dan praktik kependidikan agar  mampu menghasilkan produk-produk yang berguna bagi masyarakat secara umum.
  2. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat sebagai wujud integrasi perguruan tinggi dan masyarakat.
  3. Mengembangkan produk-produk (buku, manual, modul, SOP, dan lainnya) yang berasal dari hasil penelitian dan PPM bidang kreativitas, literasi dan pembelajaran sepanjang hayat yang dapat diakses oleh masyarakat luas sehingga meningkatkan kemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi. 
  4. Melaksanakan kegiatan kerja sama dengan instansi dalam dan luar negeri sebagai tindak lanjut dari kerja sama (MoU) yang dilaksanakan di tingkat universitas.
  5. Mengkampanyekan semangat belajar sepanjang hayat pada masyarakat. 
  6. Mengevaluasi program-program yang diimplementasikan untuk mengetahui ketercapaian proses dan hasil kegiatan yang sedang dan telah dilakukan.