PUSAT PENDIDIKAN PANCASILA DAN KARAKTER

Pendahuluaan
Pusat Pendidikan Pancasila dan Karakter di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta merupakan implikasi dari lahirnya Peraturan Rektor Univesitas Negeri Yogyakarta Nomor 17 Tahun 2019 tentang Tata Kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Sebelumnya telah didirikan Pusat Studi Pancasila dan Konstitusi pada tanggal 1 Juni 2017 bersamaan dengan upacara hari lahir Pancasila. Beberapa tahun sebelumnya, tepatnya tahun 2012 telah didirikan juga Pusat Pendidikan Karakter dan Pengembangan Kultur. Dari dua pusat inilah, Pusat Pendidikan Pancasila dan Karakter ini didirikan. Di Pasal 17 Peraturan Rektor tersebut ditegaskan bahwa tugas Pusat Pendidikan Pancasila dan Karakter yaitu melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan pendidikan Pancasila, konstitusi, dan karakter. Untuk pencapaian tujuan tersebut Pusat Pendidikan Pancasila dan Karakter dibagi menjadi tiga kelompok kajian, yaitu: 1) Pendidikan Pancasila, 2) Konstitusi, dan 3) Karakter.

 

Pejabat
Ketua           : Dr. Marzuki, M.Ag.
Sekretaris     : Dr. Samsuri, M.Ag.

 

Visi, Misi, Tujuan, dan Program
Visi
Menjadi institusi terkemuka dalam pengembangan dan pengimplementasian pendidikan Pancasila dan karakter bangsa.

 

Misi

  1. Mengembangkan kajian multidisipliner mengenai Pancasila dan karakter bangsa dalam sistem pendidikan nasional.
  2. Memajukan pendidikan Pancasila dan karakter bangsa melalui elaborasi kearifan lokal.
  3. Membangun kesadaran berkonstitusi dalam tata kehidupan berbangsa dan bernegara melalui jalur pendidikan.

 

Tujuan

  1. Memperkuat riset dan pengembangan pendidikan Pancasila dan karakter bangsa di jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.
  2. Menumbuhkan inovasi pembelajaran pendidikan Pancasila dan karakter bangsa di jalur pendidikan formal dan nonformal.
  3. Membudayakan nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan berbasis seni dan olahraga.
  4. Mengembangkan kearifan lokal sebagai basis penguatan pendidikan Pancasila dan karakter bangsa.
  5. Memperkuat basis kajian konstitusi sebagai modal penyadaran warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  6. Mengarusutamakan kesadaran berkonstitusi sebagai basis pendidikan Pancasila di sekolah.

 

Program

  1. Pengarusutamaan pendidikan Pancasila dan karakter bangsa di jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.
  2. Pembudayaan sadar berkonstitusi di jalur pendidikan formal dan nonformal.
  3. Penumbuhan inovasi pendidikan Pancasila dan karakter bangsa di jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.
  4. Pengembangkan model-model pembelajaran dalam pendidikan Pancasila dan karakter bangsa di jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi.
  5. Sosialisasi Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara di kalangan milenial.
  6. Pembudayaan nilai-nilai Pancasila dan wawasan kebangsaan di masyarakat berbasis seni dan olahraga.

 

Struktur Organisasi dan Keanggotaan