PUSAT PENELITIAN PENDIDIKAN DASAR, MENENGAH DAN KEJURUAN

a. Pejabat
 
 
 
b. Pendahuluan
Pusat Penelitian Pendidikan Dasar dan Menengah atau disingkat Puslit Dikdasmen, dan Pusat Studi Teknologi dan Pendidikan Kejuruan atau disingkat Pusdi TPK, mulai tahun 2011 telah digabung menjadi Pusat Penelitian Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kejuruan atau disingkat Puslit Dikdasmenjur.  Puslit Dikdasmenjur ini merupakan salah satu pusat penelitian yang bernaung di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY, yang telah lama berkiprah dalam melakukan kajian terhadap berbagai kebijakan dan program pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan, memberikan pendampingan dan pemberdayaan terhadap guru serta praktisi pendidikan lainnya dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan peningkatan mutu pendidikan pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan kejuruan.
 
Dalam mewujudkan visi dan misinya, Puslit Dikdasmenjur telah lama bekerjasama dengan PGRI D.I. Yogyakarta, Dinas Pendidikan Provinsi DIY, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di DIY dan di luar DIY, Badan Diklat, LPMP, P4TK dan satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, termasuk pendidikan kejuruan. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan antara lain: melakukan kajian terhadap implementasi berbagai kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan, pendampingan dan pemberdayaan guru serta praktisi pendidikan dalam melaksanakan berbagai kebijakan dalam peningkatan mutu pembelajaran dan pengembangan profesionalismenya melalui karya tulis ilmiah dan penelitian.
Ke depan, Puslit Dikdasmenjur bekerjasama dengan berbagai instansi tersebut siap memberikan layanan dalam bidang: kajian, evaluasi, pelatihan, pendampingan dan pemberdayaan serta fasilitasi kepada para guru serta praktisi pendidikan lainnya pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan kejuruan, dalam rangka implementasi  berbagai kebijakan dan program peningkatan mutu pendidikan, dan pengembangan profesionalisme guru secara berkelanjutan. 
 
 
c. Visi, Misi, Tujuan, dan Program
Visi :
Menjadi pusat penelitian dan kajian yang unggul dalam bidang penelitian, penerapan ilmu dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis IPTEKS dalam pengembangan mutu pendidikan dasar, menengah dan kejuruan, serta inovasi bidang rekayasa teknologi produk dan jasa.
 
Misi :
1) Melaksanakan penelitian dan kajian bidang pendidikan dasar, menengah dan kejuruan, dan rekayasa teknologi.
2) Melakukan publikasi hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
3) Melakukan pelatihan/penyuluhan metode pembelajaran yang inovatif, kreatif dan pengembangan karir serta profesionalisme guru.
4) Menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Sekolah dan masyarakat/Dudi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. 
5) Memberikan layanan konsultasi, fasilitasi dan advokasi mengenai pendidikan dasar, menengah, dan kejuruan, serta bidang rekayasa teknologi.
 
 
Program:
Puslit Dikdasmenjur memfokuskan pada kajian dan penelitian dalam upaya ikut berperanserta dalam pengembangan mutu pendidikan dasar, menengah dan kejuruan, dan terus menggali inovasi baru terhadap rekayasa teknologi produk dan jasa untuk diterapkan kepada masyarakat. Oleh karena itu, Puslit Dikdasmenjur sangat peduli untuk selalu melakukan inovasi, melakukan evaluasi (melalui kajian, penelitian dan kerja sama) untuk pengembangan mutu pendidikan dasar, menengah, dan kejuruan baik di tingkat nasional dan internasional maupun rekayasa di bidang teknologi.
 
d. Struktur Organisasi Puslit Dikdasmenjur:
SO PMDK_001
e. Bidang Garapan:
1) Melaksanakan seminar, diskusi, sarasehan tentang Pendidikan Dasar, Menengah dan Kejuruan dalam kaitannya dengan kebutuhan sekolah dan masyarakat.
2) Melakukan penelitian tentang kebijakan pendidikan dasar, menengah dan kejuruan, mutu dan pengembangan profesionalisme guru, manajemen sekolah, hasil pendidikan anak didik, dan rekayasa teknologi.
3) Melakukan kajian perkembangan pendidikan dasar, menengah, dan kejuruan saat ini.
4) Melakukan pelatihan/penyuluhan metode pembelajaran yang inovatif, kreatif dan pengembangan karir serta profesionalisme guru.
5) Menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Sekolah dan masyarakat/Dudi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. 
6) Melakukan publikasi hasil temuan penelitian kepada masyarakat.
Memberikan layanan konsultasi, fasilitasi dan advokasi mengenai pendidikan dasar, menengah, dan kejuruan, serta bidang rekayasa teknologi.