PUSAT PENGELOLAAN KKN DAN PENGEMBANGAN WILAYAH TERPADU

A. PEJABAT
Kepala : Triatmanto, M.Si
 
B. PENDAHULUAN
Kuliah Kerja Nyata dan Pengembangan Wilayah Terpadu merupakan suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa  dalam kegiatan pemberdayaaan masyarakat. 
 
Dengan berdasarkan Pancasila  dan UUD  1945, UU Nomor 20 tahun 2003  tentang sistem Pendidikan Nasional, dan PP No. 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi  khususnya  mengenai Pengabdian pada Masyarakat. KKN merupakan  cerminan  pelaksanaan amanah pendidikan, khususnya yang menyangkut Perguruan Tinggi  yang diusahakan  agar mampu menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengkajian di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan memberikan pengabdian pada masyarakat yang bermanfaat bagi kemanusiaan dan sesuai bagi kebutuhan pembangunan. Diperkuat dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi memberikan dasar waktu pelaksanaan KKN. KKN merupakan salah satu mata kuliah kerja lapangan yang tercantum dalam kurikulum program S1 di Universitas Negeri Yogyakarta. 
 
UNY diharapkan mampu meluluskan calon pendidik dan ilmuwan yang mampu menemukan mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan permasalahan secara interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral, yang selanjutnya diharapkan dapat menunjung pengembangkan kompetensinya. Melalui KKN, lulusan UNY diharapkan dapat memacu pembangunan dengan prinsip pemberdayaan masyarakat, serta mendekatkan perguruan tinggi dengan masyarakat.
 
C. VISI, MISI, TUJUAN, DAN PROGRAM
VISI  
Menjadi institusi terkemuka dalam pengelolaan KKN dan pengembangan wilayah berbasis pendidikan dan pemberdayaan masyarakat 
 
MISI  
  1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan jiwa dan sikap ilmiah, kepemimpinan, inisiatif, kreatif, tangguh dan tidak mudah menyerah serta mengembangkan empati dan kesetiakawanan sosial sebagai aset pembangunan nasional dan  karakter kebangsaan.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada upaya mahasiswa membantu masyarakat agar belajar sesuatu yang bermakna bagi peningkatan produktifitas dirinya.
  3. Memberdayakan masyarakat sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan taraf hidup masyarakat serta kesadaran berpartisipasi dalam pembangunan sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  4. Menjalin sinergi produktif mutualistik dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi lain, lembaga lain, serta masyarakat sasaran.
  5. Mengimplementasikan program secara sistematik dan berkesinambungan.
 
TUJUAN 
  1. Mengembangkan jiwa kepemimpinan, empati, kreativitas, kerja keras dan karakter kebangsaan pada mahasiswa 
  2. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan permasalahan secara  multdisipliner. 
  3. Meningkatkan kerjasama mahasiswa secara multidisipliner dan memberi konstribusi dalam peningkatan daya saing daerah dan nasional, serta mendorong terciptanya learning community
  4. Memacu pembangunan dengan  memberdayakan masyarakat sasaran
  5. Membangiun komunikasi dan sinergi perguruan tinggi dengan masyarakat, pemerintah pusat dan daerah, lembaga, dan perguruan tinggi lain
  6. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis pendidikan dan pemberdayaan.
 
PROGRAM
  1. Mendukung dan mengembangkan model pembelajaran berbasis pemberdayaan masyarakat
  2. Melaksanakan pembekalan dan orientasi program KKN dan pengembangan wilayah secara terpadu
  3. Menyelenggarakan pelatihan peningkatan kualitas SDM yang mendukung pembangunan manusia indonesia seutuhnya.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi lain yang mendukung tercapainya visi dan misi.
  5. Memberikan layanan konsultasi kepada masyarakat tentang pemberdayaan dan pengembangan wilayah terpadu
  6. Mengupayakanuntukmenumbuhkembangkan kesadaran masyarakat dalam proses pembangunan melalui kegiatan problem solving dan meningkatkan potensi masyarakat.
 
D. STRUKTUR ORGANISASI