PUSAT PENGEMBANGAN DAN PELAYANAN PENGUJIAN DAN KULIAH KERJA NYATA

Pendahuluaan
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) telah memberikan dampak positif pada kemajuan dunia pendidikan. Sebaliknya, kemajuan dunia pendidikan dapat memacu perkembangan IPTEKS. Adapun pemanfaatan IPTEKS dapat memberikan kontribusi positif pada kemajuan masyarakat atau umat manusia pada umumnya. Sementara itu, Pusat Pengembangan dan Pelayanan, Pengujian dan KKN (Pusat P3 dan KKN), salah satu unit kerja yang berada di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta memiliki tanggung jawab untuk ikut memajukan pendidikan secara khusus dan pada umumnya memajukan masyarakat.  
Sebagai salah satu pusat di bawah LPPM Universitas Negeri Yogyakarta, maka semua kegiatan pengembangan dan pelayanan masyarakat, serta pengembangan dan pengujian pendidikan tetap berlandaskan pada visi, misi, tujuan, dan program LPPM Universitas Negeri Yogyakarta. Fokus kegiatan Pusat P3 dan KKN diarahkan pada:

  1. Perencanaan, penerapan, dan pengembangan metodologi penelitian pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.
  2. Pengkajian dan pengembangan sistem pengujian pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan instrumen pengukuran dan pengujian pendidikan yang mencakup standarisasi, adaptasi, validasi, dan kalibrasi instrumen.
  3. Pengembangan dan pelayanan masyarakat, dalam rangka menerapkan IPTEKS guna membentuk masyarakat yang unggul dan berkualitas.

 

Pejabat
Ketua          : Prof. Dr. Sudji Munadi, M.Pd.
Sekretaris    : Dr. Miftahuddin, M.Hum.

 

Visi, Misi, Tujuan, dan Program
Visi
Terwujudnya pusat yang unggul dan terkemuka dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan KKN melalui pemgembangan, pelayanan, dan sistem pengujian berbasis IPTEKS dalam rangka peningkatan kualitas lembaga dan SDM.

 

Misi

  1. Melaksanakan penelitan dan pengembangan sistem dan pengujian berbasis IPTEKS.
  2. Mengkoordinasikan kegiatan penelitian yang dilakukan oleh anggota terkait dengan penelitian dan sistem pengujian.
  3. Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk publikasi, produk atau program yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan dan sistem pengujian pendidikan.
  4. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai kebutuhan masyarakat yang terkait dengan penelitian dan sistem pengujian.
  5. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang menitikberatkan pada upaya mahasiswa membantu masyarakat agar belajar sesuatu yang bermakna bagi peningkatan produktifitas dirinya.
  6. Memberdayakan masyarakat sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan taraf hidup masyarakat serta kesadaran berpartisipasi dalam pembangunan sesuai dengan potensi yang dimiliki.
  7. Menjalin sinergi produktif mutualistik dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi lain, lembaga lain, serta masyarakat sasaran.
  8. Mengimplementasikan program secara sistematik dan berkesinambungan.

 

Tujuan

  1. Terwujudnya penelitian pendidikan dan pengembangan sistem pengujian pendidikan.
  2. Terselenggaranya kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya di bidang penelitian dan sistem pengujian pendidikan.
  3. Mengembangkan jiwa kepemimpinan, empati, kreativitas, kerja keras dan karakter kebangsaan pada mahasiswa.
  4. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan permasalahan secara  multdisipliner.
  5. Memacu pembangunan dengan  memberdayakan masyarakat sasaran
  6. Membangiun komunikasi dan sinergi perguruan tinggi dengan masyarakat, pemerintah pusat dan daerah, lembaga, dan perguruan tinggi lain

 

Program

  1. Melakukan penelitian tentang pendidikan,  pengukuran, dan sistem pengujian pendidikan.
  2. Menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM.
  3. Melakukan publikasi, desiminasi dan pengabdian tentang hasil penelitian atau menyampaikan kepada institusi pengambil keputusan.
  4. Memberikan layanan konsultasi tentang metodologi penelitian  pendidikan, analisis data, pengukuran, dan sistem pengujian pendidikian.
  5. Memberikan advokasi dan fasilitasi pengembangan metodologi penelitian pendidikan, analisis data, pengukuran dan sistem pengujian pendidikan..
  6. Menyediakan bank soal/bank alat evaluasi untuk sekolah, perguruan tinggi, dan instansi.
  7. Melakukan pengembangan alat evaluasi dan bank soal/bank alat evaluasi untuk sekolah, perguruan tinggi, dan instansi.
  8. Menyelenggarakan pelatihan pengembangan instrumen pengukuran dan penilaian pembelajaran di sekolah.
  9. Mendukung dan mengembangkan model pembelajaran berbasis pemberdayaan masyarakat.
  10. Menyelenggarakan pelatihan peningkatan kualitas SDM yang men-dukung pembangunan manusia indonesia seutuhnya.
  11. Memberikan layanan konsultasi kepada masyarakat tentang pem-berdayaan dan pengembangan wilayah terpadu.
  12. Mengupayakan untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat dalam proses pembangunan melalui kegiatan problem solving dan meningkatkan potensi masyarakat.

 

Struktur Organisasi dan Keanggotaan