PUSAT STUDI KEBIJAKAN PENDIDIKAN

a.Pejabat:
Kepala : Dr. Mami Hajaroh, M.Pd.
 
b.Pendahuluan
Kebijakan penyediaan akses pendidikan bermutu bagi semua anak di Indonesia masih banyak mengalami kendala. Apabila dilihat dari sisi kebijakan, persoalan tersebut paling ada bersumber dari tiga hal,yaitu: (1) Pola pengambilan kebijakan masih berpusat pada elit sementara partisipasi publik relatif diminimalkan, disebabkan kuatnya kultur birokrasi politik kita masih bersifat patrimonial. Akibatnya, banyak produk kebijakan pendidikan yang mengalami stagnasi bahkan kegagalan karena minimnya partisipasi bersama warga. (2) Lemahnya formulasi aspek filosofi, visi, dan orientasi dari kebijakan pendidikan, akibatnya kebijakan pendidikan yang seharusnya sudah diimplementasi akan tetapi mengalami distorsi interpretasi dan orientasi. Contoh paling nyata adalah dalam kebijakan penyelenggaraan ‘sekolah internasional’. (3) Menguatnya tradisi kerja serba cepat (instantly) dalam pengambilan kebijakan, akibatnya banyak paket inovasi kebijakan menjadi sekedar proyek belaka. 
Menyadari problem tersebut, maka Pusat Kebijakan Pendidikan (Pusjadik) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) senantiasa berikhtiar dalam memberikan konstribusi terbaik dengan cara menggali, menelaah, dan mengembangkan model kebijakan pendidikan yang relevan untuk pengembangan pendidikan di Indonesia. Pada akhirnya Pusjadik LPPM UNY berusaha dapat memberikan rekomendasi kepada banyak pihak terkait yang didasarkan atas hasil-hasil penelitian, kajian, sarasehan, konvensi, dan konferensi atau seminar, serta memberikan pengabdian dalam bentuk pelatihan, lokakarya, pendampingan, dan konsultasi untuk pengembangan kebijakan pendidikan bagi pihak yang memerlukan, seperti sekolah, yayasan pendidikan, organisasi profesi guru, dinas pendidikan, perguruan tinggi, DPRD/ DPR, BSNP, serta kementerian pendidikan.
 
c.Visi, Misi,Tujuan,dan Program
Visi:
Sebagai barometer dalam kajian, penelitian, dan konsultasi kebijakan pendidikan yang terkemuka di Indonesia.
 
Misi:
Mewujudkan kebijakan pendidikan yang partisipatif bagi terselenggaranya pendidikan yang bermutu, adil, dan bermartabat demi kemudahan akses untuk semua warga negara Indonesia.
 
Tujuan:
1)Melakukan kajian dan penelitian yang pada akhirnya rekomendasinya dapat dikirim kepada pihak terkait untuk kemajuan pendidikan. 
2)Menyediakan jasa layanan konsultasi, pendampingan, mentoring, pelatihan, lokakarya, dan seminar untuk pengembangan formulasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan pendidikan. 
3)Melakukan kerjasama strategis dengan semua pihak seperti sekolah, yayasan, Dewan Pendidikan, Badan Diklat, DPRD, Dinas Pendidikan, Bappeda, DPR, dan kementerian pendidikan yang berkaitan dengan kebijakan pendidikan untuk memajukan pendidikan di Inodensia
 
Program:
1)Penelitian Kebijakan Pendidikan 
2)Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah
3)Diskusi Serial tentang Issu-Issu mutakhir kebijakan Pendidikan 
4)Penulisan Buku Kebijakan Pendidikan
5)Audiensi Bappeda dan Dinas Pendidikan 
6)Seminar Nasional Pendidikan
7)Seminar Internasional Pendidikan
8)Pameran dan Gelar Produk
 
d.Struktur Organisasi