PUSAT STUDI WANITA DAN GENDER

A. PEJABAT
Kepala        : Dr. Kokom Komariah, M.Pd.
 
B. PENDAHULUAN
Pusat Studi Wanita dan Gender (Pusdi W/G) LPPM UNY pada awalnya bernama PSW IKIP Yogyakarta didirikan pada awal tahun 1991. Dengan beralihnya IKIP menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) saat ini terbentuk berdasarkan SK Rektor No.643/K06/KP/AKD/2001.
 Pusdi W/G  merupakan salah satu Pusat  Studi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berada dalam naungan Universitas Negeri Yogyakarta. Struktur Pusdi W/G LPPM UNY, terdiri dari seorang Ketua dibantu beberapa staf pengajar baik perempuan maupun laki-laki sebagai anggota. Sumber keuangan berasal dari pihak universitas dan lembaga mitra baik dalam negeri maupun luar negeri. Aset yang dimiliki berupa hasil-hasil penelitian, materi-materi pelatihan, buku-buku hasil publikasi dan  peralatan kantor.
 
Dari sekian lapisan masyarakat yang ada, kaum perempuan tergolong pada kelompok yang terbelakang dalam proses peningkatan kualitas SDM. Dibandingkan kaum laki-laki hampir di semua sektor kehidupan kaum perempuan tertinggal. Dalam bidang pendidikan, yang ditandai dengan masih tingginya angka buta huruf dan sedikitnya jumlah lulusan SMA maupun perguruan tinggi. Bidang ketenagakerjaan, diperlihatkan dengan masih kecilnya peluang kerja, masih kecilnya jumlah angkatan kerja, dan  sedikitnya  perempuan yang menduduki posisi strategis di dunia kerja, baik di sektor swasta maupun negara. Tekanan budaya dan perilaku diskriminasi dalam keluarga dan masyarakat telah menyebabkan rendahnya perilaku hidup sehat kaum perempuan  terutama di pedesaan. Angka kematian ibu hamil dan melahirkan relatif tinggi. Rendahnya pengetahuan perempuan akan kesehatan pada akhirnya berdampak serius pada pertumbuhan anak (generasi penerus bangsa) kurang gizi. Itulah sebabnya, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNY khususnya Pusat Studi Wanita  dan Gender sangat peduli terhadap program-program peningkatan kualitas SDM kelompok perempuan di samping kelompok lainnya seperti anak, keluarga dan masyarakat miskin.
 
 
C. VISI , MISI, TUJUAN, DAN PROGRAM
VISI
Sebagai suatu lembaga yang berusaha melakukan perubahan sosial terutama dalam kesetaraan gender dengan melakukan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna  peningkatan  kehidupan dan kemanusiaan untuk mendukung UNY menjadi Universitas kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikiaan.
 
MISI
Penelitian
  1. Mengembangkan penelitian tentang masalah perempuan dalam berbagai bidang kehidupan dan implikasinya dengan perspektif perempuan.
  2. Mengembangkan studi  untuk  menemukan dan memahami isu-isu gender, bagi terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender dalam berbagai bidang.
  3. Mengembangkan studi yang dapat mengungkapkan permasalahan-permasalahan Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KPA).
  4. Mengembangkan studi yang dapat mengungkapkan permasalahan-permasalahan  bagi terwujudnya  kesejahteraan perempuan, keluarga dan masyarakat. 
 
Pendidikan
  1. Menyelenggarakan pendidikan  berspektif  gender bagi masyarakat. 
  2. Menyelenggarakan pendidikan terkait dengan kebutuhan strategis   perempuan. 
  3. Menyelenggarakan pendidikan untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.  
 
Pengabdian kepada Masyarakat
  1. Menemukan dan merekomendasi hasil-hasil penelitian.
  2. Menyelenggarakan kursus tentang gender di lingkungan Perguruan Tinggi, Pemerintah, dan Masyarakat.
  3. Menyelenggarakan Pelatihan/Kursus Keterampilan untuk Penggalian Potensi  Masyarakat.
  4. Melakukan Advokasi dan Fasilitasi tentang Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KPA).
  5. Melakukan  Advokasi dan Fasilitasi tentang Kesejahteraan Keluarga dari aspek jasmani,  rohani dan sosial
 
TUJUAN
  1. Memberikan sumbangan pemikiran berupa informasi, penelitian ilmiah dan pengabdian pada masyarakat.
  2. Menciptakan kesetaraan dan keadilan gender .  
  3. Pemberdayaan anak – anak perempuan.
  4. Pemberdayaan  perempuan dewasa.
  5. Pemberdayaan keluarga dan masyarakat. 
  6. Memberikan Advokasi dan Fasilitasi tentang Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KPA).
  7. Peningkatan potensi keluarga dalam upaya mensejahterakan keluarga dari aspek jasmani,  rohani dan sosial.  
 
PROGRAM
  1. Melaksanakan dan turut serta dalam kegiatan  seminar, diskusi, sarasehan tentang Pengarusutamaan Gender  di berbagai sektor. 
  2. Melakukan penelitian tentang kebijakan gender dalam bidang  pendidikan, sosial, hukum, agama dan bidang lainnya.. 
  3. Menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemerintah, Organisasi Kemasyarakatan dan industri 
  4. Melakukan publikasi, desiminasi dan pengabdian tentang hasil penelitian atau menyampaikan kepada institusi pengambil keputusan.
  5. Memberikan layanan konsultasi dan advokasi tentang Kesejahteraan dan Perlindungan Anak (KPA).
  6. Menyelenggarakan pelatihan dan sosialisasi  tentang gender di lingkungan Perguruan Tinggi, Pemerintah, dan Masyarakat.
  7. Melakukan   penyusunan Profil implementasi  PUG di berbagai sektor.
  8. Melakukan studi dan aksi bagi  pemberdayaan perempuan dalam  berbagai sektor.
   
 
D. STRUKTUR ORGANISASI