Pelepasan KKN Tematik Posdaya UNY

Mahasiswa yang akan menjalani kuliah kerja nyata hendaknya membawa konsep kegotong-royongan dalam masyarakat karena arus saat ini yang didominasi budaya barat bertentangan dengan jati diri bangsa Indonesia serta dorong masyarakat kembali mengamalkan Pancasila dan menjaga budaya gotong-royong tersebut. Demikian dikatakan Dr. (HC) Subiyakto Cakrawerdaya dari Yayasan Damandiri Jakarta dalam upacara pelepasan mahasiswa KKN Posdaya UNY di Auditorium UNY Jumat 29 Juni 2012. Lebih lanjut Dr. (HC) Subiyakto Cakrawerdaya menggarisbawahi agar tradisi untuk selalu menggunakan produk dalam negeri dan tidak menggunakan barang-barang impor juga ditanamkan di masyarakat setempat.

Program KKN Posdaya dikoordinasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNY. Kegiatan KKN tahun ini diikuti sejumlah 819 orang dan akan ditempatkan pada tiga kabupaten, yaitu Kulonprogo, Gunungkidul dan Sleman. Kegiatan KKN di lapangan akan dilaksanakan mulai 2 Juli sampai 31 Agustus 2012.

Mahasiswa KKN Posdaya UNY 2012 dilepas secara resmi oleh Wakil Rektor II Universitas Negeri Yogyakarta Dr. Moch. Alip, MA. Hadir dalam kegiatan pelepasan tersebut para pejabat dilingkungan UNY, Yayasan Damandiri Jakarta, dan Pengelola KKN POsdaya dari tujuh Perguruan Tinggi di Yogyakarta. Di samping UNY, KKN Posdaya juga dilaksanakan oleh perguruan tinggi lain di DIY, antara lain UGM, UST, UAD, UIN, STPMD APMD,  Universitas Janabadra.

Dalam sambutannya Dr. Moch. Alip, MA mengatakan bahwa kegiatan KKN merupakan kesempatan untuk menerapkan teori-teori yang didapat mahasiswa di masyarakat sekaligus bisa melihat kehidupan nyata di masyarakat. “Silakan berbaur menyatu dengan masyarakat karena tanpa hal itu mahasiswa tidak akan mendapatkan pengalaman riil” kata Moch. Alip. “Belajarlah berempati pada saudara-saudara kita yang kurang beruntung dan belajarlah tentang budaya yang luar biasa bagus dari masyarakat pedesaan, jangan mudah silau dengan budaya barat” tegas Moch Alip.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr Anik Ghufron, M.Pd. selaku Ketua LPPM UNY, menjelaskan bahwa KKN Semester Khusus ini sebagai wujud kegiatan mahasiswa untuk melakukan pemberdayaan dan pengembangan masyarakat melalui Posdaya. Kegiatan KKN ini mencakup empat pilar pemberdayaan masyarakat, yaitu kesehatan, pendidikan, kewirausahaan, dan lingkungan hidup. “KKN semester khusus ini merupakan KKN yang spesial karena melewati kegiatan puasa dan hari raya Idul Fitri,” kata Prof. Dr Anik Ghufron. “Oleh karena itu dihimbau mahasiwa dapat berbaur dengan masyarakat untuk menerapkan program-program yang telah disiapkan dengan tema pemberdayaan keluarga melalui Posdaya”

Tags: