Syawalan Keluarga Besar LPPM UNY

syawalan LPPM UNY 2016

Syawalan keluarga besar Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY berlangsung pada Ahad, 31 Juli 2016 lalu di rumah Sekretaris LPPM UNY Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., yang dihadiri oleh Pimpinan, Kepala Pusat Studi dan Karyawan LPPM UNY beserta keluarga, hadir juga beberapa Dekan dilingkungan UNY. Tampil sebagai penceramah Pimpinan Ponpes Modern Baitussalam H. M. Kasyadi.

Ketua LPPM UNY, Dr. Suyanta, M.Si, saat membuka acara ini mengatakan bahwa Syawalan Keluarga besar LPPM UNY ini secara resmi baru pertama kali dilaksanakan dan menjadi awal yang baik untuk terus dilaksanakan. Selain menjadi ajang silaturahmi keluarga Pimpinan dan Karyawan, acara ini juga sebagai sarana pembinaan rohani bagi segenap keluarga besar LPPM.

Suyanta menerangkan, “Pada bulan Syawal ini kita diperintahkan untuk saling memaafkan, seperti diterangkan Qs. Ali Imran 133 “Bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,”, dari kutipan ayat tersebut bagi yang memberi maaf atau yang meminta maaf tentunya akan diampuni segala kesalahannya, dan mendapatkan nikmat yang berlimpah”, terangnya.

“Syawal artinya meningkat, setelah kita menjalankan puasa Ramadhan sebulan penuh dan dengan mudah menjalankan ibadah dan beramal, setelah Ramadhan berakhir tentunya kebiasaan yang baik itu kita tingkatkan di bulan Syawal ini dan di bulan-bulan lainnya”, kata Kasyadi.

“Syawalan merupakan budaya asli Indonesia, bukan dari Arab, syawalan sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi umat tentunya tidak lepas dari tuntunan Agama yakni menyambung silaturahmi, memberi maaf dan meminta maaf seperti diterangkan Pak Yanto pada kutipan Qs Ali Imran 133 itu”, tandasnya. (ags)   

Tags: