Pusat Studi Pendidikan, Dasar, Menengah dan Kejuruan

a.Pejabat:
Kepala : Dr. Marwanti, M.Pd.
 
b.Pendahuluan:
Pusat Studi Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kejuruan didirikan untuk menjawab kebutuhan masalah pendidikan dasar, menengah, dan kejuruan yang terus berkembang sejalan dengan perubahan tatanan dunia yang relatif terus berubah baik secara teoretis maupun praktis.
Pusat Studi Pendidikan Dasar dan Menengah atau disingkat Puslit Dikdasmen, dan Pusat Studi Teknologi dan Pendidikan Kejuruan atau disingkat Pusdi TPK, mulai tahun 2011 telah digabung menjadi Pusat Penelitian Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kejuruan atau disingkat Puslit Dikdasmenjur.  
Pusdi Dikdasmenjur merupakan salah satu pusat penelitian yang bernaung di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY.Puslit Dikdasmenjur ini telah lama berkiprah dalam melakukan kajian terhadap berbagai kebijakan dan program pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan, memberikan pendamping-an dan pemberdayaan terhadap guru serta praktisi pendidikan lainnya dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan peningkatan mutu pendidikan, yaitu pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan kejuruan.
Untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuannya, Pusdi Dikdasmenjur telah lama bekerjasama dengan PGRI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Dinas Pendidikan Provinsi DIY, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di DIY dan di luar DIY, Badan Diklat, LPMP, P4TK dan satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, termasuk pendidikan kejuruan. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan antara lain: melakukan kajian terhadap implementasi berbagai kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan, pendampingan dan pemberdayaan guru serta praktisi pendidikan dalam melaksanakan berbagai kebijakan dalam peningkatan mutu pendidikan, pembelajaran dan pengembangan profesionalismenya melalui berbagai kegiatan baik pelatihan-pelatihan, pendampingan, sarasehan/seminar, maupun penelitian.
Dengan demikian, Puslit Dikdasmenjuryang telah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi tersebut siap memberikan layanan dalam bidang: kajian, evaluasi, pelatihan, pendampingan, dan pemberdayaan serta memberikan fasilitasi kepada para guru dan praktisi pendidikan lainnya pada jenjang pendidikan dasar, menengah dan kejuruan. Diharapkan melalui implementasi  berbagai kebijakan dan program peningkatan mutu pendidikan tersebut, profesionalisme guru secara berkelanjutan semakin meningkat dan berkembang. 
 
c.Visi, Misi, Tujuan, dan Program
Visi
Mewujudkan pusat studi yang unggul dan terkemuka dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis ipteks dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan kehidupan dan kemanusiaan untuk mendukung UNY menjadi universitas kependidikan kelas dunia yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikiaan.
 
Misi
1)Melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan orientasi pada bidang pendidikan dasar, menengah dan kujuruan.
2)Melakukan kajian berbagai masalah pendidikan dengan tetap mengedepankan pada pengembangan mutu, inovasi dan kajian rekayasa teknologi.
3)Melakukan kerja sama dengan lembaga terkait dalam upaya perbaikan mutu, relevansi, efisiensi dan produktivitas pendidikan dasar menengah dan kejuruan.
4)Mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam bentuk publikasi ilmiah, produk atau program yang bermanfaat bagi kehidupan kemanusiaan baik lokal, nasional maupun internasional.
 
Tujuan
1)Meningkatkan profesional guru pendidikan dasar, menengah, dan kejuruan  dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.
2)Meningkatkan profesional guru pendidikan dasar, menengah, dan kejuruan dalam bidang penelitian.
3)Meningkatkan profesional guru pendidikan dasar, menengah, dan kejuruan dalam bidang penulisan karya ilmiah
 
Program
Memfokuskan pada kajian, pengabdian, dan penelitian dalam upaya ikut berperan serta dalam pengembangan mutu pendidikan dasar, menengah, dan kejuruan.Menggali inovasi baru terhadap rekayasa teknologi produk, masalah media dan pembelajaran, dan jasa untuk diterapkan dalam kehidupan di sekolah dan di masyarakat.Menerima Tulisan dalam bentukkarya tulis ilmiah yang siap terbit setahun 2 kali yakni bulan Mei dan November.
 
d. Struktur Organisasi