Komisi Etik Penelitian DRPM UNY Menerima Kunjungan dari Tim Etik FKIP UNS Surakarta

Komisi Etik DRPM UNY pada hari Kamis, tanggal 14 Desember 2023 menerima Kunjungan Tim Etik FKIP UNS Surakarta di Ruang Pimpinan DRPM UNY. Pada kesempatan ini delegasi dari FKIP UNS dipimpin oleh Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si sebagai Wakil Dekan Bid. Akdemik, Riset, dan Kemahasiswaan didampingi oleh tim sejumlah 8 orang.

Turut menyambut dari DRPM UNY: Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd.,MT. selaku Direktur DRPM UNY, Prof. Dr. Endang Rini Sukamti, M.S. sebagai Ketua Komisi Etik DRPM UNY, Retna Hidayah, Ph.D. sekalu Sekretaris Komisi Etik DRPM UNY, dan Ganda Sukmara, M.Pd. sebagai Kasubdit Etik, Kekayaan Intelektual, dan Hilirisasi, serta sejumlah staf di DRPM UNY. Dalam sambutannya Direktur DRPM menyampaikan terimaksih yang sebesar-besarnya atas kunjungan Tim Etik FKIP UNS Surakarta ke DRPM UNY. Diharapkan dari kunjungan ini dapat memberikan kebaikan dan kemajuan bagi masing-masing lembaga. Disamping itu, kunjungan ini sebagai jembatan untuk saling bekerjasama, baik itu etik penelitian, jurnal ataupun yang lainnya.

Sementara itu sambutan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Akdemik, Riset, dan Kemahasiswaan dan sebagai pimpinan rombongan dari FKIP UNS menyampaikan permintaan maaf karena Dekan FKIP UNS belum bisa hadir membersamai. Pihak FKIP UNS merasa sangat terhormat bisa diterima di UNY. Kunjungan ini diharapkan adanya masukan dan saran-saran tentang tata kelola komisi etik di DRPM UNY.

Acara selanjutnya pembahasan tentang pengelolaan etik penelitian (ethical clrearence) di DRPM UNY, dalam hal ini pemaparan materi disampaikan oleh Ibu Retna Hidayah, Ph.D. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa di Komisi Etik DRPM UNY ada 3 concern yang dikembangkan : 1) Penelaah riset sosial Humaniora; 2) Penelaah Riset Kesehatan; dan 3) Penelaah Riset uji coba hewan pendukung riset Kesehatan. Setelah paparan dilanjutkan diskusi dan tanya jawab. Acara kunjungan diakhiri dengan saling tukar cenderamata dan foto bersama. /gand’s