WORKSHOP EVALUASI DAN KEBERLANJUTAN PENINGKATAN KERJASAMA ANTARA DRPM UNY DENGAN INSTANSI PEMERINTAH DAERAH TAHUN 2023

Pusat pengembangan dan pelayanan pengujian Direktorat Riset dan Pengabadian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan "Workshop Evaluasi dan Keberlanjutan Peningkatan Kerjasama antara DRPM UNY dengan Instansi Pemerintah Daerah Tahun 2023” pada hari Jumat, 29 September 2023 di Hotel UNY. Kegiatan workshop dihadiri oleh wakil rektor bidang RKSIU, direktur dan sekretaris DRPM UNY, ketua dan sekretaris pusat pengujian, perwakilan kapanewon, dan kalurahan di DIY. Workshop dibuka dengan doa bersama yang dipimpin oleh Dr. Syukri Fatchudin Achmad Widodo, S.Ag., M.Ag. dan dilanjutkan penandatangan naskah IA antara wakil Kapanewon dengan DRPM UNY secara simbolis.

Prof. Dr. Sudji Munadi, M.Pd. selaku ketua pusat pengembangan dan pelayanan pengujian DRPM UNY, dalam laporannya Beliau menyampaikan bahwa DRPM telah mengundang 11 panewu dan 38 kalurahan yang telah bekerjasama dengan DRPM UNY dan mengharapkan masukan serta saran terkait dengan kerjasama antara DRPM dengan panewu dan kalurahan. Hal tersebut bertujuan untuk berbaikan dan bahan evaluasi agar kedepannya dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi.

Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. selaku direktur DRPM UNY mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang terjalin selama ini dengan pusat pengembangan dan pelayanan pengujian DRPM UNY dan merupakan salah satu bentuk sinergi dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam sambutannya, Beliau berharap masih ada keberlanjutan untuk kerjasama ke depan. Selanjutnya, sambutan dan sekaligus membuka kegiatan workshop oleh wakil rektor bidang RKSIU yaitu Prof. Dr. Margana, M.Hum., M.A.. Dalam sambutannya, “Sinergitas UNY dengan 6 pilar, salah satunya dengan tri dharma perguruan tinggi yaitu dengan pengabdian kepada masyarakat”.

Kegiatan workshop dilanjutkan dengan paparan materi oleh narasumber pertama dari Kepala Dinas PMK kabupaten Sleman yaitu Bapak Samsul Bakri, S.I.P., M.M. dengan judul “Kebijakan Peningkatan Kinerja Kalurahan”. Dalam paparannya, Beliau menyampaikan bahwa untuk implementasi Peraturan Gubernur Nomor 72 tahun 2008 sampai saat ini masih pada tingkat kabupaten dan untuk kedepannya juga akan diterapkan di tingkat kalurahan. Selanjutnya, pemaparan materi oleh Bapak Prof. Dr. Sudji Munadi, M.Pd. selaku narasumber kedua. Dalam paparannya yang berjudul “Profil Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian”. Beliau menyampaikan secara singkat tentang profil pusat pengembangan dan pelayanan di DRPM UNY.

Terkait dengan kebijakan pengisian pamong di kabupaten Sleman. Dalam proses pengisian pamong, pada pelaksanaan pekerjaan dituntut dengan 3 kompetensi dasar yaitu knowledges, skills, dan attittudes. Dengan adanya sistem seleksi diharapkan dapat memotret calon pamong dalam 3 kompetensi dasar yang harus dimiliki. Tes tertulis meliputi TPA dan kemampuan bidang, hal ini perlu menjadi catatan bagi perguruan tinggi untuk memberikan perhatian dan tes secara khusus sesuai bidang pada lowongan pamong yang dibutuhkan. Tes keterampilan untuk memotret skills dari kemampuan pamong dengan harapan nantinya memiliki kemampuan yang baik. Tes psikologi dan wawancara untuk mengetahui sikap calon pamong.

Setelah penyampaikan paparan, dilanjutkan dengan tanya jawab, masukan, dan ungkapan dari peserta. Salah satu peserta mengungkapkan, “Kami telah bekerjasama dengan DRPM UNY sebanyak 2 kali. Hal ini merupakan hal yang sangat positif bagi kami dan sangat senang. Peserta yang mengikuti seleksi puas, dikarenakan peserta mengetahui mekanisme pelaksanaan ujian. Kami mengapresiasi, berterima kasih, dan senang bekerja sama dengan DRPM UNY serta semua berjalan dengan baik”. Kegiatan workshop diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. (Heri-Puspa-Tutik).

Tags: