Seleksi Pamong Kalurahan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul

Pada hari Selasa, 5 Maret 2024 Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (DRPM UNY) mendapat amanah dan kepercayaan untuk menyelenggarakan Seleksi Pamong Kalurahan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul  untuk formasi Jabatan Carik dengan jumlah peserta seleksi sebanyak 24 orang yang berbeda latar belakang pendidikannya mulai dari SLTA, S.1 dan S.2.

Dalam kegiatan seleksi ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dengan tetap kami sediakan hand sanitizier. Peserta seleksi wajib menunjukkan identitas diri (KTP) sebagai salah satu syarat administrasi saat mengisikan presensi kehadiran dan diberikan Kartu Peserta Ujian yang berisikan foto berwarna 4X6, data diri peserta, paswort dan user name yang digunakan untuk mengerjakan Ujian tes CBT dan Praktik Komputer di ruang PUSTIK UNY. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30-17.00 WIB bertempat di DRPM UNY.

Sambutan diawali dari pihak Kalurahan Banguntapan yang pada kesempatan ini disampaikan langsung oleh Lurah Banguntapan yakni bapak Basirudin. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada tim DRPM UNY yang telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyelenggarakan seleksi untuk jabatan Carik. Untuk itu kami menyerahkan 24(dua puluh empat) peserta ini kepada tim DRPM UNY untuk dapat mengikuti seleksi dengan lancar dan sukses. Beliau juga menyampaikan kepada peserta untuk tetap menjaga stamina selama proses ujian berlangsung. Selanjutnya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim DRPM UNY yang sudah memfasilitasi kegiatan ini.

Sambutan dilanjutkan oleh Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd.,M.T sebagai Direktur DRPM sekaligus membuka acara, “Alhamdulillah kita bisa berkumpul Bersama-sama disini. Diharapkan nantinya didapatkan calon yang kompeten dari peserta Seleksi dengan formasi Carik. Peserta tes bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dan tetap menjaga kesehatannya. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, kegiatan seleksi hari ini saya nyatakan dibuka”.

Dalam seleksi kali ini peserta mengikuti beberapa test antara lain tes Psikologi, test praktik  komputer, test Akademik tertulis, tes Wawancara, dan tes praktik Pidato menggunakan ruangan dilantai  5 gedung DRPM. Setelah seluruh rangkaian tahapan seleksi ini selesai, selanjutnya dilakukan penyerahan hasil Seleksi Pamong Kalurahan Banguntapan, Bantul oleh Ketua DRPM kepada  Ketua Panitia Seleksi Pamong Kalurahan Banguntapan di Ruang Rapat DRPM UNY. Seluruh kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar. (Novela-Herri)