Kunjungan Benchmarking Komisi Etik Penelitian DRPM UNY ke RMIC UPSI dan RMC UiTM MARA Malaysia

Komisi Etik Penelitian Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Universitas Negeri Yogyakarta melakukan kunjungan benchmarking ke RMIC UPSI dan RMC UiTM MARA Malaysia selama 2 hari, Kamis-Jum’at (7-8/12). Hal ini merupakan langkah strategis melalui kegiatan banchmarking dan collaboration dalam bidang ethical clearence penelitian menuju peningkatan kualitas dan penjaminan mutu penelitian bagi dosen, mahasiswa UNY, dan lebih luas lagi bagi para peneliti secara umum. Untuk itu, perlu strategi dan kolaborasi dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas  riset di UNY. Maka melihat permaslahan tersebut, Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Universitas Negeri Yogyakarta perlu mengadakan penguatan kolaborasi dilanjutkan dengan workshop program ethical clearance  untuk mengembangkan manajemen komisi etik penelitian yang berstandar internasional.

Kunjungan hari pertama yaitu kamis, 7/12 dilakukan di Gedung Directorate of Research and Innovation Management Center (RMIC),  Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Dalam kesempatan ini topik diskusi terkait research management dan human research ethics. Pada kesempatan ini diskusi dipimpin oleh Associate Professor Dr. Rosmilah Binti Misnan sebagai Director Research Management and Innovation Center UPSI.

Kunjungan berikutnya pada hari Jum’at, 8/12 dikakukan ke Directorate Research and Innovation (RMC) UiTM dan diterima oleh Professor Dr. Nor Azura Md. Ghoni (Director Research Management Center UiTM). Dalam kesempatan tersebut didiskusikan berbagai hal terkait manajemen pengelolaan dan strategi meningkatkan minat dosen dan mahasiswa UiTM untuk mengajukan dan melakukan pengurusan ethical clearance research. Dalam sambutannya, beliau Professor Nor Azura menyampaikan bahwa Komisi Etik Penelitian RMC UiTM berusaha memberikan fasilitasi proses penilaian kelayakan etik usulan riset yang dilakukan oleh periset dari UiTM maupun dari luar universitas untuk usulan riset sosial humaniora, riset kesehatan non-uji klinis, dan riset uji coba hewan untuk pendukung proses riset. Proses penilaian etik dilaksanakan melalui proses verifikasi kelengkapan dokumen, penelaahan etik, dan proses penerbitan keputusan kelayakan etik.

Pelaksanaan program kunjungan Komisi Etik Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Universitas Negeri Yogyakarta ke RMIC UPSI dan RMC UiTM Malaysia diwakili oleh delegasi 4 orang,  yaitu beliau  Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T (Direktur DRPM UNY), Prof. Dr. Endang Rini Sukamti, M.S. (Ketua Komisi Etik DRPM UNY), Retna Hidayah, M.T., Ph.D. (Sekretaris Komisi Etik DRPM UNY), dan Ganda Sukmara, S.Pd.,M.Pd. (Kasubdit Etik, Kekayaan Intelektual, dan Hilirisasi). /gand’s